SILABUS PERKULIAHAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN TEKNONOGI PENDIDIKAN
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AL HIDAYAH BOGOR
1.
Identitas
Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah : Media
Pembelajaran & Teknologi Pendidikan
Komponen :
Mata Kuliah Keahlian
Fakultas/Jurusan :
Tarbiyah
Program Studi :
Pendidikan Agama Islam
Program :
Strata Satu (S-1)
Bobot :
3 SKS
Dosen :
Unang Wahidin, S.Pd., M.Pd.I
2. Tujuan
Memberikan pemahaman tentang cara-cara
mengklasifikasikan azas-azas, konsep-konsep, dan teori-teori media pembelajaran
dalam proses belajar mengajar.
3. Model Perkuliahan
Pendekatan : Deduktif dan
pemecahan masalah
Metode : Ceramah,
Curah Pendapat, Eksplorasi, Presentasi, dan Diskusi
Media : Visual dan
Multi Media
Kehadiran : Minimal 75 %
tatap muka/kehadiran di kelas
4. Evaluasi
Tugas : 30 %
Kehadiran : 30 %
UTS : 20 %
UAS : 20 %
5. Rincian Materi Perkuliahan Tiap Pertemuan
PERTEMUAN
|
TOPIK INTI
|
Pertama
|
Silabus & Media Pembelajaran dalam proses belajar mengajar
|
Kedua
|
Arti, fungsi, dan nilai media pengajaran
|
Ketiga
|
Perkembangan media pengajaran dan macam-macam pola media pengajaran dalam
proses belajar mengajar
|
Keempat
|
Karakteristik
media pengajaran jenis Media Visual
(mahasiswa membuat makalah untuk dipresentasikan). Bahasannya:
1. Bagan/Chart, 2. Diagram, 3. Grafik, 4. Poster, 5. Kartun,
|
Kelima
|
Karakteristik
media pengajaran jenis Media Visual
(mahasiswa membuat makalah untuk dipresentasikan). Bahasannya:
6. Komik, 7.
Peta, 8. Globe,
9. Papan Tulis, 10. Papan Flanel,
|
Keenam
|
Karakteristik
media pengajaran jenis Media Audio
(mahasiswa membuat makalah untuk dipresentasikan). Bahasannya:
11. Radio, 12. Tape Recorder, 13. Laboratorium Bahasa,
|
Ketujuh
|
Karakteristik
media pengajaran jenis Media Proyeksi
(mahasiswa membuat makalah untuk dipresentasikan). Bahasannya:
14. Over Head Proyektor (OHP), 15.Proyektor
LCD, 16. Film,
|
Kedelapan
|
UTS
|
Kesembilan
|
Karakteristik
media pengajaran jenis Media Tiga
Dimensi dan Multi Media (mahasiswa
membuat makalah untuk dipresentasikan). Bahasannya:
17. Torso, 18. Diorama, 19. Televisi (TV), 20. Papan Magnetik
|
Kesepuluh
|
Karakteristik
media pengajaran jenis Media Berbasis
Komputer (mahasiswa membuat makalah untuk dipresentasikan). Bahasannya:
21. Komputer, 22. Internet, 23.Balok Susun 24. Prototipe/Maket
|
Kesebelas
|
25. Multimedia
|
Keduabelas
|
26. Studi masyarakat sebagai media pengajaran
|
Ketigabelas
|
Dasar pertimbangan pemilihan media pengajaran
|
Keempatbelas
|
Pengembangan dan Evaluasi media pengajaran
|
Kelimabelas
|
|
Keempatbelas
|
UAS
|
6. Daftar Pustaka
NO
|
JUDUL
|
PENGARANG
|
PENERBIT
|
1
|
Media
Pengajaran
|
Prof. DR. Nana
Sudjana
|
Sinar Baru
Algensindo
|
2
|
Optimalisasi
Media Pembelajaran
|
R. Angkowo
A. Kosasih
|
Grasindo
|
3
|
Media
Pembelajaran
|
Prof. Dr. Azhar
Arsyad, M.A.
|
Rajawali Pers
|
4
|
Media
Pendidikan
|
Dr. Arief S. Sadiman, M.Sc
Dan Tim
|
Rajawali Pers
|
5
|
Media
Pembelajaran
|
Hujair A.H. Sanaky
|
Kaukaba
|
6
|
Media
Pembelajaran (Manual dan Digital)
|
Cecep Kuswandi,
M.Pd
Drs. Bambang
Sutjipto, M.Pd
|
Ghalia
Indonesia
|
makasih
BalasHapusSangat bermanfaat.. izin copas
BalasHapus