MAKALAH NIH
MAKALAH PENDIDIKAN
METODE PEMBELAJARAN DENGAN TANYA JAWAB
BAB
I
PENDAHULUAN
A. LatarBelakang
Proses
belajarmengajarmerupakaninteraksi yang dilakukanantara guru
denganpesertadidikdalamsuatupengajaranuntukmewujudkantujuan yang
ditetapkanberbagaipendekatan yang digunakandalampembelajaran agama
islamharusdijabarkankedalammetodepembelajaran PAI yang bersifat procedural.
Namunpermasalansering
kali dijumpaidalampengajaranterutamapengajaran. Agama
islamadalahbagaimanacaramenyajikanmaterikepadapesertadidiksecarabaik,
sehinggadipeolehhasil yang efektifdanefesiensertaseringditemukanmurangnyapemahamanpengajarterhadappenerapanmetode-metodepembelajaran
yang sesuaidenganmateri.
Dalampembahasan
kali inikitaakanmembahastentangmetode Tanya jawabdanapa-apa yang
terkandungdidalamnyabesertapenerapannya yang manametodeinimerupakasalahsatumetode
yang bisadiapakiuntukmewujudkantujuantersebut.
B. RumusanMasalah
1. Apapengertiandantujuanmetode Tanya
jawabdalampembelajaran PAI?
2. Adakahtehnik yang digunakan guru
dalammetode Tanya jawabdalampembelajaran PAI?
3. Apakeunggulandankekuranganmetode Tanya
jawabdalampembelajaran PAI?
4. Bagaimanaanalisismetode Tanya
jawabdalampembelajaran PAI?
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Dan TujuanMetode Tanya Jawab
Metode
Tanya
jawabadalahpenyampaianpesanpengajarandengancaramengajukanpertanyaan-pertanyaandansiswamemberikanjawabanatausebaliknyasiswadiberikesempatanbertanyadan
guru menjawabpertanyaan-pertanyaa[1].
Metode
Tanya jawabadalahsuatumetodedalampendidikandanpengajarandimana guru bertanyadanmurid-muridmenjawabbahanmateri
yang diperolehnya[2].
Metodeinimemungkinkanterjadinyakomunikasilangsungantara
guru danpelajar, bisadalambentuk guru bertanyadanpelajarmenjawabataudengansebaliknya.
Metode
Tanya jawabdilakukan :
1. Sebagaiulanganpelajran yang
telahdiberikan.
2. Sebagaiselingandalampembicaraan.
3. Untukmerangsanganakdidik agar
perhatiannyatercurahkepadamasalah yang sedangdibicarakan.
4. Untukmengarahkan proses berfikir.
Proses
Tanya
jawabterjadiapabilaadaketidaktahuanatauketidakfahamanpesertadidikakansuatuperistiwa,
adapuntujuandarimetode Tanya jawabsebagaiberikut[3] :
1. Mengecekdanmengetahuisampaisejauhmanakemampuananakdidikterhadappelajaran
yang dikuasai.
2. Membrikesempatankepadaanakdidikuntukmengajukanpertanyaankepada
guru tentangsuatumasalah yang belumdifahami.
3. Memotivasidanmenimbulkankompetensibelajar.
4. Melatihanakdidikuntukberfikirdanberbicarasecarasitematisberdasarkanpemikiran
yang orisinil.
B. TehnikDalamMetode Tanya Jawab
Dalamsetiapmetode
yang adadalampembelajaranpastidiperlukantehnik agar
pembelajaranbisaberjalansecarabaik, berikutiniberbagaitehnik yang
digunakangfurudalammengajukanpertanyaan :
1. The Mixe Strategy
yaknimengkombinasikanberbagaitipedanjenispertanyaan.
2. The Speaks Strategy
yaknimenggunakanpertanyaan yang salingbertaliansatusama lain.
3. The Pleteaus Strategy
yaknimengajukanpertanyaan yang samajenisnyaterhadapsejumlahsiswasebelumberalihkepadajenispertanyaan
yang lain.
4. The Inductive Strategy
yaknidenganberbagaipertanyaansiswadidoronguntukmenarikgeneralisasidarihal-halkhususkehal-hal
yang umumatauberbagaifaktamenujuhukum-hukum.
5. The Deductive Strategy
yakniGeneralisasi yang dijadikansebagaititiktolak,
siswadiharapkandapatmenyatakanpendapatnyatentangberbagaikasusatau data yang
ditanyakan.
Pertanyaan
yang baikmemilikiciri-ciri
1. Pertanyaanhendaknyabersifatmengajakataumerangsangsiswauntukberfikir.
2. Kata-kata yang dipergunakanharusjelassehinggatidakada
kata atauistilah yang tidakdifahamisiswa.
3. Pertanyaanituharusmengandungsatupenafsiran.
4. Kalimatpertanyaanhendaknyasingkat.
5. Setiappertanyaanhendaknyamengandungsatumasalah.
6. Pertanyaanharussesuaidengantarafkecerdasanataupengalamansiswa.
C. Keunggulan Dan KekuranganMetode Tanya Jawab
Suatumetode
yang digunakanoleh guru
dalammengajarsudahbarangtentumempunyaikeunggulandankekurangan,
begitupundenganmetode Tanya jawab. Berikutkeunggulandankekuranganmetode Tanya
jawab :
(a). Keunggulanmetode Tanya
1. Kelasakanhidupkarenaanakdidikaktifberfikirdanmenyampaikanpikiranmelaluiberbicara.
2. Beiksekaliuntukmelatihanakdidik agar
beranimengemukakanpendapatnya.
3. Akan membawakelaskedalasuasanadiskusi.
(b). Kekuranganmetodediskusi
1. Apabilaterjadiperbedaanpendapatakanmemkanawaktuuntukmenyelesaikannya.
2. Kemungkinanakanterjadipenyimpanganperhatianpelajarterutamaapabilajawaban
yang kebetulanmenarikperhatiantetapibukasasaranataumateri yang dituju.
3. Dapatmenghambatcaraberfikirapabila guru
kurangpandaidalampenyajianmateri.
D. AnalisisMetode Tanya JawabDalamPelajaran PAI
Metode
Tanya jawabdimaksudkanuntukmerangsang,
untukberfikirdanmembimbingpersertadidikdalammencapaikebenaran,
memberikanpengertiankepadaseseorangdanmemancingnyadenganumpanpertanyaan.
Metodeiniseringkalidigunakanpadazamannabidengan para sahabat[4].
Metode
Tanya jawabjugabisamembantukekurangan-kekurangan yang adapadametodeceramah yang
disebabkankurangnyaperhatianpesertadidikpadametodeceramahdanbiasanyapsertadidikakanlebihhati-hatiterhadappelajaran
yang menggunakanmetode Tanya jawabsebabpesertadidiktahusewaktu-waktu guru
akanbertanya.
Metode
Tanya jawabhanyadapatdipakaioleh guru secaraumumuntukmenetapkanperkiraanapakahanakdidik
yang mendapatgiliranpertanyaansudahmemahamipelajaran yang
diberikandanmetodeinitidakdapatdigunakansebagaiukuranuntukmenetapkankadarpengetahuananakdidikdalamsuatukelaskarenametodeinitidakmemberikesempatan
yang samapadasetiapmuriduntukmenjawabpertanyaan[5].
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari
penjelasandiatasdapat kami simpulkansebagaiberikut :
1. Metode Tanya
jawabadalahsuatumetodedalampendidikandanpengajarandimana guru
bertanyadanmuridmenjawabbahanmateri yang diperolehnya. Adapuntujuanmetode Tanya
jawabyakniuntukmengetahuiseberapajauhkefahamansiswaterhadapmateri,
membrikesempatansiswabertanyaapa yang belumdifahami,
memotivasisiswadanmelatihanakberfikirberbicarasecarasistematisberdasarkanpemikiran
yang orisinil.
2. Adapuntehnik Tanya jawab :
(a). The Mixe Strategy
(b). The Speaks Strategy
(c). ThePleteaus Strategy
(d). The Inductive Strategy
(e). The Deductive Strategy
3. Keunggulanmetode Tanya jawab
(a). Kelasakanmenjadilebihhidup.
(b). Baikuntukmelatihanakdidikuntukberanimengemukakanpendapat.
(c). Akan membawakelaskesuasanadiskusi
4. Kekuranganmetode Tanya jawab
(a). Bilaterjadiperbedaanpendapatakanmenghabiskanbanyakwaktu.
(b). Kemungkinanakanterjadipenyimpanganperhatianpelajar.
(c). Dapatmenghambatcaraberfikir.
5. Metode Tanya
jawabdigunakansebagaipelengkapmetodeceramahmetodeinidapatdipakaisebagaitolakukursecaraumumdantidakkeseluruhan.
B. Saran
Alhamdulillah
kami daptmenyelesaikanmakalah kami, dan kami
sadarbegitubanyakkekurangandankekhilafan kami, olehkarenaitukritikdan saran
daritemen-temendanbapakdosenkhususnya kami harapkansemogamakalahinibermanfaat.
Amiin…..
DAFTAR
PUSTAKA
Usman,
Basyiruddin. 2002. MotodologiPembelajaran Agama Islam. Jakarta
Selatan :Ciputat Press.
Abu,
AhmadidanPrasetyo. 2005. SGM StrategiBelajarMengajar. Bandung
:PustakaSetia.
Majid,
Abdul Majid. 2008. PerencanaanPembelajaranMengembangkanstandarKompetensi Guru. Bandung
:RosdaKarya.
Dradjat,
ZakiahDradjat, dkk. 2004. MetodeKhususPengajaran Agama Islam.Jakarta
:BumiAksara.
Tidak ada komentar
Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.
Salam : Admin K.A.