INFO
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP) FILSAFAT ISLAM
Satuan Pendidikan Tinggi :
STAI AL-HIDAYAH – BOGOR
Jurusan/Program
Studi : TARBIYAH/PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Mata Kuliah :
FILSAFAT ISLAM
Komponen :
MKKP
Bobot :
2 SKS
Semester :
V (LIMA)/GASAL
Tahun Akademik :
2014-2015
Awal Perkuliahan :
14-09-2014
Dosen
Pengampu : RAHENDRA MAYA,
S.TH.I., M.PD.I., DR. (CD)
?
DESKRIPSI SINGKAT
Mata kuliah ini mendeskripsikan
sketsa biografis singkat dari para filosof atau pemikir Muslim dan
mengeksplanasi pemikiran otentik atau konsep filsafat mereka yang menjadi
karakteristiknya serta menganalisanya secara kritis.
?
STANDAR KOMPETENSI
1. Mahasiswa mengetahui hakikat dasar tentang filsafat Islam dengan
sebenarnya, baik artikulasi, objektifitas, metode, kegunaan maupun hubungannya
dengan filsafat Yunani.
2. Mahasiswa mengetahui beragam pemikiran dan corak filsafat para filosof
Muslim, mulai dari al-Kindi hingga ath-Thusi serta para Filosof Muslim kontemporer lainnya.
3. Mahasiswa
memiliki sikap kritis dan daya analitis yang benar terhadap
pemikiran kefilsafatan dalam Islam secara proporsional berdasarkan aspek ontologis, epitemologis maupun
aksiologisnya.
?
KOMPETENSI
DASAR
1.
Hakikat Filsafat Islam: Artikulasi, Objektifitas, Metode, Kegunaan dan Hubungannya dengan
Filsafat Yunani
2.
Pemikiran Filsafat al-Kindi
3.
Pemikiran Filsafat al-Razi
4.
Pemikiran Filsafat al-Farabi
5.
Pemikiran Filsafat Ikhwan al-Shafa
6.
Pemikiran Filsafat Ibnu Miskawaih
7.
Pemikiran Filsafat Ibnu Sina
8.
Pemikiran Filsafat al-Ghazali
9.
Pemikiran Filsafat Suhrawardi
10. Pemikiran
Filsafat Ibnu Bajjah
11. Pemikiran
Filsafat Ibnu Thufail
12. Pemikiran
Filsafat Ibnu Rusyd
13. Pemikiran
Filsafat al-Thusi
14. Pemikiran Filsafat Para Filosof Muslim
Kontemporer dan Menganalisanya secara Kritis-Konstruktivis
? INDIKATOR PENCAPAIAN
PERTEMUAN
|
INDIKATOR
|
1
|
Mahasiswa
memahami Hakikat Filsafat Islam: Definisi, Objektifitas, Metode, Kegunaan dan
Hubungannya dengan Filsafat Yunani
|
2
|
Mahasiswa
mengetahui dan mampu menganalisa
secara kritis Pemikiran Filsafat al-Kindi
|
3
|
Mahasiswa
mengetahui dan mampu menganalisa
secara kritis Pemikiran Filsafat al-Razi
|
4
|
Mahasiswa
mengetahui dan mampu menganalisa
secara kritis Pemikiran Filsafat al-Farabi
|
5
|
Mahasiswa
mengetahui dan mampu menganalisa
secara kritis Pemikiran Filsafat Ikhwan al-Shafa
|
6
|
Mahasiswa
mengetahui dan mampu menganalisa
secara kritis Pemikiran Filsafat Ibnu Miskawaih
|
7
|
Mahasiswa
mengetahui dan mampu menganalisa
secara kritis Pemikiran Filsafat Ibnu Sina
|
8
|
Mahasiswa
mengetahui dan mampu menganalisa
secara kritis Pemikiran Filsafat al-Ghazali
|
9
|
Ujian Tengah Semester (UTS)
|
10
|
Mahasiswa
mengetahui dan mampu menganalisa
secara kritis Pemikiran Filsafat Suhrawardi
|
11
|
Mahasiswa
mengetahui dan mampu menganalisa
secara kritis Pemikiran Filsafat Ibnu Bajjah
|
12
|
Mahasiswa
mengetahui dan mampu menganalisa
secara kritis Pemikiran Filsafat Ibnu Thufail
|
13
|
Mahasiswa
mengetahui dan mampu menganalisa
secara kritis Pemikiran Filsafat Ibnu Rusyd
|
14
|
Mahasiswa
mengetahui dan mampu menganalisa
secara kritis Pemikiran Filsafat al-Thusi
|
15
|
Mahasiswa
mengetahui dan mampu menganalisa
secara kritis Filsafat Para Filosof Muslim Kontemporer dan Menganalisanya
secara Kritis-Konstruktivis
|
16
|
Ujian Akhir Semester (UAS)
|
?
STRATEGI
PEMBELAJARAN
A.
METODOLOGI/TEKNIK
PEMBELAJARAN: (1) Ceramah; (2) Diskusi; (3)
Tanya-Jawab; (4) Pemberian Tugas
Makalah; (5) Presentasi; dan (6) Preview Dosen.
B.
MEDIA/ALAT PEMBELAJARAN: (1) Deskripsi atau Kerangka Umum; (2) Skema/Bagan;
dan (3) Slide in Focus.
C.
SISTEM PENILAIAN:
Nilai akhir
mahasiswa ditentukan berdasarkan bobot penilaian dengan komposisi sebagai
berikut:
·
Absensi Kehadiran 10 %
·
Makalah, Presentasi & Aktifitas Diskusi 20 %
·
Ujian
Tengah Semester (UTS) 30
%
·
Ujian
Akhir Semester (UAS) 40 %
?
REFERENSI
A.
PRIMER/WAJIB
1. Dedi Supriyadi, 2009, Pengantar
Filsafat Islam: Konsep, Filsuf dan Ajarannya, Bandung: Pustaka Setia.
2. Hasyimsyah Nasution, 1999, Filsafat
Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama.
- Seyyed Hossein Nasr dan Oliver Leaman (ed.),
2003, Ensiklopedi Tematis Filsafat Islam (Buku Pertama), Bandung: Mizan.
- Muhammad Maghfur W., 2002, Koreksi atas Kesalahan
Pemikiran Kalam dan Filsafat Islam, Bangil: al-Izzah.
B.
SEKUNDER/PENUNJANG
1. Abdul Rozak, 2001, Cara Memahami Islam:
Metodologi Studi Islam, Bandung: Gema Media Pusakatama.
2. Abu Mujahid, 2011, Pemuja Filsafat:
Pengantar untuk Tidak Menyukai Filsafat, Bandung: Toobagus Publishing.
- Ahmad Zainul Hamdi, 2004, Tujuh Filsuf
Muslim Pembuka Pintu Gerbang Filsafat Barat Modern, Yogyakarta: PT. LKiS
Pelangi Aksara.
- Ahmad ibn al-Shiddîq al-Ghamârî al-Hasanî,
2007, Dzamm al-Asyâ’irah wa al-Mutakallimin wa al-Falâsifah,
Riyadh: Dâr al-Tauhîd.
- Fahd ibn Shâlih al-‘Ajlân, 1433 H., Ma’rakah
al-Nash, Riyadh: Maktab Majallah al-Bayân.
- Ibrahim Hilal, 2002, Epistemologi Ilmu
Pengetahuan & Keilmuan Hukum Islam, Bandung: Lintas Pustaka
Publisher.
- Idri, 2008, Epistemologi Ilmu Pengetahuan
& Keilmuan Hukum Islam, Jakarta: Lintas Pustaka Publisher.
- Imam al-Ghazali, 2012, Tahafut
al-Falasifah: Membongkar Tabir Kerancuan Para Filosof, Bandung: Marja.
- Miska Muhammad Amien, 1983, Epistemologi Islam: Pengantar Filsafat Penge-tahuan Islam, Jakarta: UI-Press.
- Muhammad Shiddîq Hasan Khân, 2000,
Qashd al-Sabîl ilâ Dzamm al-Kalâm wa al-Ta’wîl, ed. Sa’îd
Ma’syâsyah, Beirut: Dâr Ibn Hazm.
- Muhammad Yâsir al-Syaraf, 1981, al-Wahdah
al-Muthlaqah ‘inda Ibn al-Sab’în, Irak: Wazârah al-Tsaqâfah wa
al-I’lâm.
- Muhsin Labib, 2005, Para Filosof Sebelum
dan Sesudah Mullâ Shadrâ, Jakarta: al-Huda.
- Mulyadhi Kartanagara, 2003, Menyibak Tirai
Kejahilan: Pengantar Epistemologi Islam, Bandung: Penerbit Mizan.
- Muhyar Fanani, 2009, Ilmu Ushul Fiqh di
Mata Filsafat Ilmu, Semarang: Walisongo Press.
- Rājih ’Abd al-Hamīd al-Kurdī,
1992, Nazhariyyah al-Ma’rifah baina al-Qur‘ān wa al-Falsafah,
Riyadh: Dār al-Mu‘ayyid dan The International Institute of Islamic Thought
Virginia.
- Seyyed Hossein Nasr dan William C. Chittick, 2001,
Islam Intelektual: Teologi, Filsafat & Ma’rifat, Depok: Perenial
Press.
- Sudarsono, 2010, Filsafat Islam, Jakarta:
Rineka Cipta.
- Suparman Syukur, 2007, Epistemologi Islam
Skolastik: Pengaruhnya pada Pemikiran Islam Modern, Yogyakarta:
Pustaka Pelajar dan IAIN Walisongo Semarang.
Bogor, 13
September 2014
Ketua Prodi Pendidikan
Agama Islam Dosen
Pengampu
Unang Wahidin, S.Pd., M.Pd.I., Dr. (cd) Rahendra Maya, S.Th.I., M.Pd.I., Dr. (cd)
NIK. 205.002.039
NIK. 207.006.007
Tidak ada komentar
Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.
Salam : Admin K.A.