SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP) FILSAFAT ISLAM


Satuan Pendidikan Tinggi    : STAI AL-HIDAYAH – BOGOR
Jurusan/Program Studi        : TARBIYAH/PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Mata Kuliah                          : FILSAFAT ISLAM
Komponen                             : MKKP
Bobot                                      : 2 SKS
Semester                                 : V (LIMA)/GASAL
Tahun Akademik                  : 2014-2015
Awal Perkuliahan                 : 14-09-2014
Dosen Pengampu                  : RAHENDRA MAYA, S.TH.I., M.PD.I., DR. (CD)
                                                                      
                                                                      
? DESKRIPSI SINGKAT
Mata kuliah ini mendeskripsikan sketsa biografis singkat dari para filosof atau pemikir Muslim dan mengeksplanasi pemikiran otentik atau konsep filsafat mereka yang menjadi karakteristiknya serta menganalisanya secara kritis.

? STANDAR KOMPETENSI
1.      Mahasiswa mengetahui hakikat dasar tentang filsafat Islam dengan sebenarnya, baik artikulasi, objektifitas, metode, kegunaan maupun hubungannya dengan filsafat Yunani.
2.      Mahasiswa mengetahui beragam pemikiran dan corak filsafat para filosof Muslim, mulai dari al-Kindi hingga ath-Thusi serta para Filosof Muslim kontemporer lainnya.
3.      Mahasiswa memiliki sikap kritis dan daya analitis yang benar terhadap pemikiran kefilsafatan dalam Islam secara proporsional berdasarkan aspek ontologis, epitemologis maupun aksiologisnya.

? KOMPETENSI DASAR
1.      Hakikat Filsafat Islam: Artikulasi, Objektifitas, Metode, Kegunaan dan Hubungannya dengan Filsafat Yunani
2.      Pemikiran Filsafat al-Kindi
3.      Pemikiran Filsafat al-Razi
4.      Pemikiran Filsafat al-Farabi
5.      Pemikiran Filsafat Ikhwan al-Shafa
6.      Pemikiran Filsafat Ibnu Miskawaih
7.      Pemikiran Filsafat Ibnu Sina
8.      Pemikiran Filsafat al-Ghazali
9.      Pemikiran Filsafat Suhrawardi
10.  Pemikiran Filsafat Ibnu Bajjah
11.  Pemikiran Filsafat Ibnu Thufail
12.  Pemikiran Filsafat Ibnu Rusyd
13.  Pemikiran Filsafat al-Thusi
14.  Pemikiran Filsafat Para Filosof Muslim Kontemporer dan Menganalisanya secara Kritis-Konstruktivis



? INDIKATOR PENCAPAIAN
PERTEMUAN
INDIKATOR
1
Mahasiswa memahami Hakikat Filsafat Islam: Definisi, Objektifitas, Metode, Kegunaan dan Hubungannya dengan Filsafat Yunani
2
Mahasiswa mengetahui dan mampu menganalisa secara kritis Pemikiran Filsafat al-Kindi
3
Mahasiswa mengetahui dan mampu menganalisa secara kritis Pemikiran Filsafat al-Razi
4
Mahasiswa mengetahui dan mampu menganalisa secara kritis Pemikiran Filsafat al-Farabi
5
Mahasiswa mengetahui dan mampu menganalisa secara kritis Pemikiran Filsafat Ikhwan al-Shafa






6
Mahasiswa mengetahui dan mampu menganalisa secara kritis Pemikiran Filsafat Ibnu Miskawaih
7
Mahasiswa mengetahui dan mampu menganalisa secara kritis Pemikiran Filsafat Ibnu Sina
8
Mahasiswa mengetahui dan mampu menganalisa secara kritis Pemikiran Filsafat al-Ghazali
9
Ujian Tengah Semester (UTS)






10
Mahasiswa mengetahui dan mampu menganalisa secara kritis Pemikiran Filsafat Suhrawardi
11
Mahasiswa mengetahui dan mampu menganalisa secara kritis Pemikiran Filsafat Ibnu Bajjah
12
Mahasiswa mengetahui dan mampu menganalisa secara kritis Pemikiran Filsafat Ibnu Thufail
13
Mahasiswa mengetahui dan mampu menganalisa secara kritis Pemikiran Filsafat Ibnu Rusyd
14
Mahasiswa mengetahui dan mampu menganalisa secara kritis Pemikiran Filsafat al-Thusi
15
Mahasiswa mengetahui dan mampu menganalisa secara kritis Filsafat Para Filosof Muslim Kontemporer dan Menganalisanya secara Kritis-Konstruktivis






16
Ujian Akhir Semester (UAS)

? STRATEGI PEMBELAJARAN
A.    METODOLOGI/TEKNIK PEMBELAJARAN: (1) Ceramah; (2) Diskusi; (3) Tanya-Jawab; (4) Pemberian Tugas Makalah;  (5) Presentasi; dan (6) Preview Dosen.
B.     MEDIA/ALAT PEMBELAJARAN: (1) Deskripsi atau Kerangka Umum; (2) Skema/Bagan; dan (3) Slide in Focus.
C.    SISTEM PENILAIAN:
Nilai akhir mahasiswa ditentukan berdasarkan bobot penilaian dengan komposisi sebagai berikut:
·         Absensi Kehadiran                                                      10 %
·         Makalah, Presentasi & Aktifitas Diskusi                    20 %
·         Ujian Tengah Semester (UTS)                                    30 %
·         Ujian Akhir Semester (UAS)                                      40 %

? REFERENSI
A.    PRIMER/WAJIB
1.      Dedi Supriyadi, 2009, Pengantar Filsafat Islam: Konsep, Filsuf dan Ajarannya, Bandung: Pustaka Setia.
2.      Hasyimsyah Nasution, 1999, Filsafat Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama.
  1. Seyyed Hossein Nasr dan Oliver Leaman (ed.), 2003, Ensiklopedi Tematis Filsafat Islam (Buku Pertama), Bandung: Mizan.
  2. Muhammad Maghfur W., 2002, Koreksi atas Kesalahan Pemikiran Kalam dan Filsafat Islam, Bangil: al-Izzah.

B.     SEKUNDER/PENUNJANG
1.      Abdul Rozak, 2001, Cara Memahami Islam: Metodologi Studi Islam, Bandung: Gema Media Pusakatama.
2.      Abu Mujahid, 2011, Pemuja Filsafat: Pengantar untuk Tidak Menyukai Filsafat, Bandung: Toobagus Publishing.
  1. Ahmad Zainul Hamdi, 2004, Tujuh Filsuf Muslim Pembuka Pintu Gerbang Filsafat Barat Modern, Yogyakarta: PT. LKiS Pelangi Aksara.
  2. Ahmad ibn al-Shiddîq al-Ghamârî al-Hasanî, 2007, Dzamm al-Asyâ’irah wa al-Mutakallimin wa al-Falâsifah, Riyadh: Dâr al-Tauhîd.
  3. Fahd ibn Shâlih al-‘Ajlân, 1433 H., Ma’rakah al-Nash, Riyadh: Maktab Majallah al-Bayân.
  4. Ibrahim Hilal, 2002, Epistemologi Ilmu Pengetahuan & Keilmuan Hukum Islam, Bandung: Lintas Pustaka Publisher.
  5. Idri, 2008, Epistemologi Ilmu Pengetahuan & Keilmuan Hukum Islam, Jakarta: Lintas Pustaka Publisher.
  6. Imam al-Ghazali, 2012, Tahafut al-Falasifah: Membongkar Tabir Kerancuan Para Filosof, Bandung: Marja.
  7. Miska Muhammad Amien, 1983, Epistemologi Islam: Pengantar Filsafat Penge-tahuan Islam, Jakarta: UI-Press.
  8. Muhammad Shiddîq Hasan Khân, 2000, Qashd al-Sabîl ilâ Dzamm al-Kalâm wa al-Ta’wîl, ed. Sa’îd Ma’syâsyah, Beirut: Dâr Ibn Hazm.
  9. Muhammad Yâsir al-Syaraf, 1981, al-Wahdah al-Muthlaqah ‘inda Ibn al-Sab’în, Irak: Wazârah al-Tsaqâfah wa al-I’lâm.
  10. Muhsin Labib, 2005, Para Filosof Sebelum dan Sesudah Mullâ Shadrâ, Jakarta: al-Huda.
  11. Mulyadhi Kartanagara, 2003, Menyibak Tirai Kejahilan: Pengantar Epistemologi Islam, Bandung: Penerbit Mizan.
  12. Muhyar Fanani, 2009, Ilmu Ushul Fiqh di Mata Filsafat Ilmu, Semarang: Walisongo Press.
  13. Rājih ’Abd al-Hamīd al-Kurdī, 1992, Nazhariyyah al-Ma’rifah baina al-Qur‘ān wa al-Falsafah, Riyadh: Dār al-Mu‘ayyid dan The International Institute of Islamic Thought Virginia.
  14. Seyyed Hossein Nasr dan William C. Chittick, 2001, Islam Intelektual: Teologi, Filsafat & Ma’rifat, Depok: Perenial Press.
  15. Sudarsono, 2010, Filsafat Islam, Jakarta: Rineka Cipta.
  16. Suparman Syukur, 2007, Epistemologi Islam Skolastik: Pengaruhnya pada Pemikiran Islam Modern, Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan IAIN Walisongo Semarang.




Bogor, 13 September 2014
Ketua Prodi Pendidikan Agama Islam                                           Dosen Pengampu





Unang Wahidin, S.Pd., M.Pd.I., Dr. (cd)                    Rahendra Maya, S.Th.I., M.Pd.I., Dr. (cd)

                  NIK. 205.002.039                                                                        NIK. 207.006.007

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.