cerpen benang merahku



Percayakah anda akan jodoh benang merah? Dulunya aku tidak percaya, sampai aku mengalaminya sendiri. Masih terekam jelas diingatanku akan peristiwa yang penuh kebetulan itu. Kini akan kuceritakan pada kalian semua. Oke mari simak ceritaku dengan sangat seksama.

Dari jauh terdengar suara langkah kaki sepertinya menuju kekamar gue. Dan…..”Hai……Sa! lagi ngapain u?” Ini nih si cerewet, tukang gossip, suka dandan dan entah apalagi julukannya datang tanpa diundang.”Eh…lu Kei. Ngak lagi bengong aja. Kok ga bilang-bilang mau datang?” jawab gue sekenanya “Ah…..seneng banget sih bengong ga jelas gitu. Gue mau kasih kejutan aja datang ga bilang-bilang. Terkejut kan lu.hehehehe” Gue senyum sekenanya ga enak kalau gue jawab gue ga terkejut dengan kedatangannya tapi merasa terganggu. Gue kan belum siap bengong. Gara-gara dia datang terhenti deh aktivitas gue yang menyenangkan ini. Hihihihihi. Gak lama si Keiza nyeletuk lagi “ Nah…kan bengong lagi. Aduh Callisa hilangi deh hobi lu yang ga jelas itu ntar jadi penyakit lho. Gue kesini sebenarnya mau ngajak lu untuk kopi darat. Mau ya temenin gue ???”tanyanya memelas ”What!!!! Gila lu Kei, masa kopi darat ngajak-ngajak malas ah… Gue paling ga bisa disuruh jumpain orang yang belum gue kenal males..” Jawab gue dengan tegas.” Tolong dong Sa, katanya dia juga ngajak teman jadi untuk nemeni temannya itu gue disuruh ajak temen juga . Mau ya Sa, please…..?” pintanya lagi sekarang dengan nada mengiba.”Disuruh? Enak aja dia main suruh-suruh. Cowok chattingan lagi kan?. Ga kapok-kapok ya lu kopi darat sama cowok chattingan yang ga jelas itu. Baru bulan kemarin lu kecewa karena cowok chattingan lu itu ga sebaik yang dia ceritakan waktu kalian chat. Nah sekarang muncul lagi yang baru. Kei, Kei cari pacar itu jangan begitu caranya, kan masih banyak cowok nyata disekitar kita daripada lu cari cowok maya yang ga jelas.”Jawab gue panjang lebar. “Aduh…… Sa gue ga butuh nasehat yang gue butuh itu temen untuk kopi darat. Kan ga semua laki-laki sama. Kata orang tua kita ga boleh pantang menyerah. Nah…lu sendiri cowok nyata ga ada cowok maya pun ga ada mending gue.Wueeek!” Ejeknya” Eh ini anak ngejek lagi hei lu kesini mau minta tolong kan? Ga gue temenin lu kesana baru tau rasa”ancam gue.”Eh…berarti lu setuju ikut gue kesana kan. Aduh Callisa thanks ya lu memang sahabat gue yang paling oke. Mana tau temennya itu nyantol ke lu kan lumayan hehehe” 

“Udah deh jangan ngaco kalau ngak gue batalin nih”ancam gue lagi”Alah…. padahal dalam hati mengharap juga tuh”Ejeknya lagi sambil melempar bantal kewajahku”KEEEIIIIZZZZA”jeritku. Kemudian dia lari keluar tanpa sempat gue balas lemparannya itu.

Selama jam pelajaran di sekolah si Keiza terlihat gelisah, mungkin udah ga sabar untuk ketemu sama cowok chattingannya itu ”Kei, Keiza”hardikku “Apaan sih”jawabnya dengan merengut “Lu dipanggil ga dengar sih, muka lu tuh non nape? Kebelet pipis ya?”Tanya gue dengan sok lugu, padahal udah tahu sih kenapa si cerewet ini mendadak jadi gelisah dan pendiam. Padahal bisanya wuihh tak pernah ada jedanya ada aja bahan gosipannya. “Menurut lu” jawabnya lugas. Melihat jawabannya itu gue hanya bisa tersenyum. Ga lama kemudian lonceng istirahat bunyi, bagai angin topan semuanya berhamburan keluar kelas ada yang menuju ke kantin ada yang ke toilet dan ada yang terlihat sudah di datangin sama cowoknya. Kami pun tak mau menunggu lama segera berhembus kekantin.

Setelah membeli beberapa bungkus roti kami mencari tempat duduk yang kosong di mulailah percakapan yang menurut gue amat menyebalkan ini “Calissa nanti sore benar ya lu temenin gue untuk kopi darat” “Keiza bin Sanusi mau berapa kali lu konfirmasi sama gue tentang ini?” Keiza merengut “ yeeeeee, kan cuman untuk memastikan lagian penting ya bawa-bawa nama bokap gue?” gue ketawa mendengarkan jawabannya sambil memperbaiki duduk gue “iya gue kan udah janji pantang bagi gue mengingkari janji, ya udah ntar sore lu jemput gue dirumah ya..jangan telat “ “ ok bos” sambil tersenyum Keiza terlihat mau menyuapin gue dengan rotinya ya gue ngelak donk enak aja mau jejelin gue dengan roti bekas dia.

Terdengar suara cempreng si Keiza di lantai bawah rumah. “Sa…..udah siap belum? Udah ga usah dandan banget kan gue yang mau kopi darat atau jangan-jangan lu beneran mengharap bisa nyantol sama temennya ya?” waduh ini orang minta di gaplok bukannya naik trus masuk kekamar gue malah teriak- teriak ga jelas di bawah. Kalo mama denger kan bisa runyam urusannya. Kemudian gue cepet-cepet turun kebawah sebelum tuh anak jerit –jerit ga jelas. “hei Sa udah siap, weits cantik amat lu? Katanya males ketemu dengan yang begituan tapi kok lu yang lebih siap dari gue ya dandanannya? “ Dengan sigap gue tarik tuh anak untuk menjauh dari ruang tamu menuju teras sambil melirik apa si bibi mendengar atau memperhatikan kami.”Apaan si Sa, sakit nih tangan gue main di tarik-tarik aja” “ lu tu ye….ngapain pake teriak-teriak segala dari bawah bukannya langsung kekamar gue aja ntar kalo mama tahu kita mau ketemuan sama cowok yang ga di kenal kan bisa batal rencana kita. Gue sih ga masalah emang lu mau kita ga jadi ketemuan sama cowok chattingan lu itu?”ancam gue dengan wajah yang gue seriusin biar nih anak jadi takut. Sambil mundur selangkah dan dengan wajah yang sedikit menyesal si keiza minta maaf” sori Sa saking girangnya makanya gue jadi keceplosan gue sengaja ga kekamar lu supaya lu langsung turun kebawah kalo gue kekamar lu takut ntar lu lelet dan ga siap-siap dandannya. Kalo gue di bawah lu kan harus cepat-cepat nyusul gue ke bawah” ”sekali lagi sori deh, tapi kita jadikan perginya?” ”Beberapa menit yang lalu lu hampir membuat itu ga jadi”jawab gue kesel. Keiza hanya diam saja dan memasang muka mengiba.

Kami berdua berjalan masuk kedalam kafe yang tidak begitu ramai. Kata Keiza ini tempat mereka janjian untuk ketemuan.”Kami janjian pake baju warna merah Sa. Yuk coba kita cari cowok berbaju warna merah” ajaknya. Baju warna merah? Bukannya Keiza pake baju warna kuning?”Za tunggu deh kata lu janjian pake baju warna merahkan? Kok lu sendiri pake baju warna kuning? “ Tanyaku heran.”Ia gue sengaja mana tau cowok itu ga oke kan kita bisa langsung cabut tanpa harus dikenalin” ”Dasar lu, nah gimana kalau cowok itu berpikiran sama juga kayak lu? Ya kalian ga bakalan ketemu dong? “ Tanya gue lagi dengan nada heran.”Ga mungkin dia pasti pake baju warna merah sesuai perjanjian kami karena dia keliatan antusias banget waktu mau ketemu sama gue. Jadi ga mungkin kan dia melanggar perjanjian kami” Jawabnya dengan penuh keyakinan”Pede banget lu ngomongnya” ejek ku”Iya dong Keiza” Jawabnya sombong kayak slogan diiklan huh.

Kami pun duduk dan memesan minuman. Aku melirik Keiza yang selalu celingak-celinguk mencari-cari sosok cowok yang berbaju merah. Tapi mukanya nampak kecewa, berarti dia belum menemukan cowok chattingannya itu. Gak lama aku nyeletuk”Eh kei coba lu liat cowok itu? Eng…….maksud gue om-om itu pake baju merah kan? “tanyaku”Callisa yang mau kita jumpain ini anak muda umur 19 tahun bukan om-om yang kepalanya udah botak. Lagian dia berdua sama temannya bukan gerombolan gitu”jawabnya dengan kesal “ya mungkin aja kan?”. Kemudian si Keiza terlihat gusar sambil melihat orang-orang di sekelilingnya. “Emang lu ga pernah tukeran nomor hp?”Tanya gue dengan ga sabaran. Gue juga udah mulai kesal karena sicowok yang di maksud belum juga keliatan batang hidungnya. Si Keiza yang ditanya diam saja terlihat mimik menyesal diwajahnya, mungkin ia berpikir kenapa bodoh banget? Kenapa ga terpikir untuk meminta no hp cowok tersebut. “ah foto? Gimana? Masa kalian ga pernah tukaran foto?”tanyaku lagi “ Aduh Sa please deh…..gue akui deh gue emang bodoh kenapa sampai hal sewajar itu pun ga terpikir sama gue””Sekarang kita fokus aja untuk mencari cowok yang memakai baju warna merah yang umurnya 19 tahun , ok!”” yee, baru ngaku bu kalo situ bego?? Masa chattingan Cuma sekedar chattingan ga tukeran nomor hp atau saling kirim gambar. Jangan-jangan tuh cowok ngibulin lu lagi?” Keiza terlihat marah dan gusar mendengar omongan gue kemudian dia berdiri”eh mau kemana?” “mau ke toilet perut gue mendadak mules denger omongan lu”. Gue tersenyum kecut mendengarnya”Gue ikut dong” “Jangan ntar kalo cowok itu muncul kan ga ada yang tahu”Keiza memberi alasan yang lumayan masuk akal tapi gue ga mau kalah “Tapi gue kan ga kenal sama dia trus yang janjian kan lu bukan gue” ”Calissa kalo sekedar nomor hp gue lu ada kan? Kalo lu ga ada percuma dong kita udah berteman sejak lama tapi lu ga tahu no hp gue” Gue tertawa mendengar jawabannya. Pintar aja nih anak membalikkan kata-kata gue tadi. “ya udah deh kalo gitu jangan lama-lama ya” pinta gue. “Emang gue mau nginap sampe lama-lama?” kemudian Keiza pun pergi ke toilet. Hahaha anak itu udah mulai ngambek, lucu juga dia kalo ngambek. Lagian salah sendiri mau ketemuan tapi ga ada pegangan sama sekali Cuma bawa badan dan gue temennya yang baik hati dan tidak sombong ini. Pake nipu segala lagi sama warna baju.

Lima menit kemudian Keiza keluar dari toilet tau dong hal apa yang pertama kali dia tanyain”gimana Sa udah ketemu sama cowok yang pake baju merah dan umurnya terlihat 19 tahun? dan keren?” kata terakhir diucapin dengan agak pelan berharap kalo cowok itu berpenampilan keren. Gue menghela nafas sebentar dan menggelengkan kepala. Keiza terlihat sedih bercampur kesal mendengar jawaban gue atau lebih tepatnya melihat jawaban gue.

Gak lama setelah itu ada cowok kece yang mendatangi kami untuk mengajak kenalan. Dari awal aku udah bilang kalau menghadapi orang asing itu aku canggung jadi aku banyak diam. Ya si centil Keiza ini yang ladeni. Selagi diam aku memperhatikan cowok itu. Wajah cowok itu terlihat kebule-bulean ya mungkin darah indo, tetapi rambutnya berwarna hitam legam tidak seperti kebanyakan cowok indo yang berambut pirang. Postur tubuhnya tinggi semampai terlihat ideal dengan balutan celana jeans dan jaket hitam. Rajin ke gym mungkin batinku. Cowok itu nyeletuk “Teman Keiza yang satu ini diam aja ya? Kenapa sakit ya?” tanyanya ramah gue cuma bisa tersenyum dan menggeleng lemah, mungkin karena kuperhatikan dengan serius dia jadi sadar akan kehadiran gue ” Oh…kirain sakit tapi kalau boleh tau namanya siapa ya? “Aku Richie”sambil mengulurkan tangan ia tersenyum ramah”Oh aku Callisa” sambil tersenyum gue ulurkan juga tangan gue”ehem ehem udah pada aku kamu ini nampaknya baru aja kenal 10 menit yang lalu”Gile aja ini si Keiza bikin gue malu setengah mati. Cowok yang gue lirik pun memerah mukanya. Kemudian cowok itu meminta nomor hp gue. Si Keiza pun ngerti kalau cowok ini naksir sama gue bukan sama dia. hehehehe.

Tau dong si cerewet Keiza ga tahan kalau ga nanya ”Richie lu kesini kok sendirian? Memang lagi iseng atau nungguin orang?” “ Sebenarnya gue mau ketemuan sama orang tapi orang yang gue tunggu-tunggu kok ga datang ya kelihatannya?” Jawab Richie yang hampir sama dengan pertanyaan.”Oh….kalo lu nyamperin kita ya orang yang lu tunggu ga ngeliat lu dong” sahut si Keiza “Ah….biarin aja deh lagian gue juga belum pernah ketemu sama itu orang” jawab Richie cuek “ Lho kok bisa?” Tanya Keiza penasaran. Gue juga mulai penasaran “ Jadi gini gue selama ini chatting sama cewek kemudian kami mutusin untuk kopi darat hari ini. Karena kami belum pernah ketemu kami putuskan untuk memakai baju merah sebagai tanda pengenal dan gue ngasih ide untuk bawa teman biar ntar suasana jadi rame dan ngak garing” terangnya”terus????” Si Keiza udah mulai pucat mukanya ya gue tau itu karena apa ”Sialnya temen gue itu ga bisa datang nemeni gue ya udah terpaksa gue datang sendiri ga enak kan udah janji. Tapi biarin deh cewek itu aja ga keliatan batang hidungnya yang penting kan gue udah dapat kenalan ya Callisa ” Katanya sambil tersenyum. Sekarang terlihat kalau muka Keiza pucat beneran “ Tapi….tapi katanya kalian janjian pake baju warna merah lu sendiri pake baju warna hitam ga salah dong kalo cewek itu ga ngeliat lu?”dengan terbata-bata si Keiza terlihat membela diri”Ga juga, lu lihat kaos didalam jaket hitam gue warna merah kan? Lagian gue udah rencanain kalo memang cewek itu datang gue akan lepas jaket gue dan samperin itu cewek dengan kaos warna merah sesuai dengan perjanjian gue. Ga fair dong kalo gue langsung nampakin gue pake baju merah dan ternyata cewek itu bohong pake baju warna lain dan hanya dia yang tahu gue tanpa gue tahu dia ” Pintar juga nih anak, aduh Richie kalau lu langsung pake baju merah jangan takut si Keiza ini pasti langsung nyamperin lu walau dia curang ga pake baju sesuai keputusan kalian. Tapi apa mau dikata nasi telah menjadi bubur si Keiza hanya bias senyum dengan wajah kecut mungkin hal pertama yang dilakukannya adalah men -delete nama cowok ini dari msn nya. Terlanjur malu kan. Lagian si cowok naksir sama gue sahabatnya. Hehehehehehe. Jodoh gak kemana.”Aduh kok pada bengong sih?ng…Callisa kalau gue mau maen kerumah lu sekali-sekali boleh kan?” gue hanya mengangguk tersenyum. Tiap hari juga boleh Richie. Gue lirik muka si Keiza , gue hanya bisa membuat wajah tak berdosa sambil tersenyum lepas.

Sekarang kalian semua percaya kan dengan jodoh benang merah itu. Bersiap-siap lah untuk ketemu mereka entah dimana dan dalam keadaan seperti apa.

Dari belakang ada yang memelukku mesra “Lagi ngetik apaan si yang?” Tanya Richie suamiku.” Ngak cuma kenangan masa lalu yang perlu diarsipkan” jawab gue sekenanya sembari mengsave dan menutup laptopku.

1 komentar:

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.