Kesempurnaan al-Qur'an dan as-Sunnah


Al-Qur'an merupakan petunjuk Alloh   yang sangat sempurna dan rahmat-Nya yang sangat agung. Sungguh tak ternilai betapa besarnya nikmat Alloh   yang berupa al-Qur’an. Dengannya umat manusia di keluarkan dari kegelapan menuju cahaya. Dengan al-Qur’an manusia mengetahui jalan keselamatan dunia dan akhirat. Ia adalah wahyu Ilahi yang bersih dari kesalahan, tali Alloh   yang kokoh, dan jalan-Nya yang lurus. Barangsiapa yang berpegang teguh dengannya, maka ia terbimbing ke jalan yang lurus. Barangsiapa yang berpaling darinya, maka ia pasti tersesat.

Demikian juga dengan as-Sunnah sebagai sumber kedua dalam Islam, ia merupakan penjelas al-Qur’an. Dengan berpegang teguh pada keduanya, maka umat manusia akan berada di atas kebenaran dan selamat dari kesesatan. Hal ini sebagaimana telah diwasiatkan oleh Rosululloh    dalam sebuah sabdanya. Dari Abu Huroi-roh  , ia berkata bahwa Rosululloh    bersabda: 

(( إِنِّيْ قَدْ تَرَكْتُ فِيْكُمْ شَيْئَيْنِ لَنْ تَضِلُّوْا بَعْدَهُمَا: كِتَابَ اللهِ وَسُنَّتِيْ، وَلَنْ يَتَفَرَّقاَ حَتَّى يَرِدَا عَلَيَّ الْحَوْضَ ))
“Sesungguhnya aku telah meninggalkan untuk kalian dua perkara yang kalian tidak akan tersesat selama-lamanya jika kalian berpegang teguh dengan keduanya: Kitabulloh dan Sunnahku. Keduanya tidak akan pernah berpisah hingga keduanya mendatangiku di telaga (al-Kautsar).”  (HR. al-Hakim dan Malik; dishohihkan al-Hakim dan disepakati oleh adz-Dzahabi)
Manusia, setinggi apapun tingkat kecerdasannya, tetap menyandang sifat kebodohan. 
Alloh   berfirman: 

“Sesungguhnya manusia itu amat dzolim dan amat bodoh.” (QS.  al-Ahzab [33]: 72)

Termasuk dari rahmat Alloh   kepada hamba-hamba-Nya ialah Dia tidak membiarkan mereka berada dalam kebingungan dan kebodohan tentang jalan hidup yang harus ditempuhnya, tentang aturan yang harus diikuti-nya, dan tentang rambu-rambu yang mesti dipatuhinya. Alloh   menurunkan kepada mereka kitab-Nya yang penuh barokah, yang akan membimbing mereka kepada kebahagiaan dunia dan akhirat. Alloh   berfirman:

“Dan inilah kitab yang Kami turunkan yang penuh berkah, maka ikutilah ia dan bertakwalah agar kalian diberi rahmat.”  (QS. al-A’rof [7]: 155)

Kesempurnaan al-Qur'an dan as-Sunnah 
Seluruh permasalahan agama mulai dari yang ushul  (pokok) sampai furu’ (cabang), demikian juga semua hal yang dibutuhkan oleh seorang hamba dalam kehidupan dunia dan akhiratnya, maka syari’at telah datang untuk menjelaskan semuanya. Ini adalah bagian dari rahmat Alloh   kepada para hamba-Nya. Alloh   menegaskan tentang kesempurnaan kitab-Nya:

“Dan telah Kami turunkan kepadamu al-Kitab (al-Qur’an) untuk menjelaskan segala sesuatu dan sebagai petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri.”  (QS.  an-Nahl [16]: 89)Sebelum Rosululloh   wafat, Alloh   telah menyem-purnakan agama-Nya ini dan telah mencukupkan nikmat-Nya kepada hamba-hamba-Nya. Alloh   berfirman: 

“Pada hari ini telah Aku sempurnakan untuk kalian agama kalian, dan telah Ku-cukupkan bagi kalian nikmat-Ku, serta telah Ku-ridhoi bagi kalian Islam sebagai agama.” (QS.  al-Ma’idah [5]: 3)

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.