APA SIH NAMIMAH ITU ?



Namīmah berarti mengadu domba atau memprovo-kasi, adalah menyampaikan omongan seseorang kepada orang lain, namun berdampak merusak.

Ancaman bagi Orang Yang
Berbuat Namīmah
Di antara bentuk ancaman yang akan diperoleh orang yang gemar berbuat namīmah adalah:
1.     Tidak akan masuk surga.
Rosululloh n bersabda:
 (( لاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ نَمَّامٌ ))
“Tidak akan masuk surga orang yang suka namī-mah.” (HR. al-Bukhori dan Muslim)
Ini adalah dalil bahwa namīmah termasuk dosa besar.
2.     Akan disiksa dalam kuburnya.
Rosululloh n pernah lewat di samping dua kuburan lalu beliau bersabda:
(( إِنَّهُمَا يُعَذَّبَانِ وَمَا يُعَذَّبَانِ فِي كَبِيْرٍ، بَلَى إِنَّهُ كَبِيْرٌ؛ أَمَّا أَحَدُهُمَا فَكَانَ يَمْشِيْ بِالنَّمِيْمَةِ، وَأَمَّا الآخَرُ فَكَانَ لاَ يَسْتَتِرُ مِنْ بَوْلِهِ ))
“Sungguh keduanya ini sedang disiksa, dan kedua-nya disiksa bukan karena sesuatu yang besar, pa-dahal ia adalah besar. Adapun salah satunya, ia dahulu biasa berjalan menyampaikan namīmah, sedangkan yang satunya, ia tidak hati-hati dari air kencingnya.” (HR. al-Bukhori dan Muslim)

Nasihat Untuk Setiap Muslim
Saudaraku…renungkanlah beberapa nasihat berikut agar engkau selamat dari adzab Alloh l dan beruntung mendapatkan ridho-Nya:
1.     Alloh l berfirman:
﴿ $¨B àáÏÿù=tƒ `ÏB @Aöqs% žwÎ) Ïm÷ƒys9 ë=Ï%u ÓŠÏGtã ÇÊÑÈ
Tiada suatu ucapan pun yang diucapkan mela-inkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.” (QS. Qof [50]: 18)
Apa saja yang kita ucapkan akan, dicatat oleh para malaikat Alloh l dan akan dibalas pada hari kiamat. Boleh jadi kita menganggap ucapan kita sebagai suatu yang remeh namun, bernilai dosa besar di sisi Alloh l sebagaimana sabda Rosululloh n:
“Sesungguhnya seorang hamba berbicara dengan satu kalimat yang ia tidak pernah memikirkannya –baik ataukah tidak–, lalu menyebabkan ia tergel-incir ke neraka lebih jauh daripada jarak antara timur dan barat.” (HR. al-Bukhori dan Muslim)

Janganlah kita sia-siakan pahala amal sholih dengan ghībah atau namīmah, karena barangsiapa yang meng-ghībah seseorang, maka nanti pada hari kiamat seba-gian dari pahalanya akan diberikan kepada orang yang dighībahi.

Baca Juga : 

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.