3 dampak buruk akibat sifat Dzoliman


Kedzoliman dan Dampaknya

Tidak ada di balik kedzoliman kecuali kerusakan dan kehancuran. Baik kedzoliman tersebut dilakukan secara pribadi maupun oleh suatu kaum. Di dalam al-Qur’an, Alloh   banyak menjelaskan tentang kehancuran suatu bangsa diakibatkan kedzoliman yang diperbuat oleh rakyatnya. Diantara dampak yang ditimbulkan dari kedzoliman adalah sebagai berikut:

1. Hilangnya rasa aman dan timbulnya berbagai macam bencana.
Kedzoliman menghilangkan rasa aman baik secara pribadi maupun masyarakat.
Alloh   berfirman:
“Maka Itulah rumah-rumah mereka dalam keadaan runtuh disebabkan kedzoliman mereka. Sesungguhnya pada yang demikian itu (terdapat) pelajaran bagi kaum yang mengetahui.” (QS. an-Naml [27]: 52)

Dan bencana dari kedzoliman tersebut tidak hanya menimpa pada orang yang berbuat dzolim saja. Bahkan orang bertakwapun akan kena dampaknya, sebagaimana firman Alloh  :

“Dan peliharalah diri kalian dari bencana yang tidak khusus menimpa orang-orang yang dzolim saja di antara kalian. Dan ketahuilah bahwa Alloh amat keras siksaan-Nya.” (QS. al-Anfal [8]: 25)

2. Terhalangnya hidayah
Kedzoliman adalah salah satu sebab terhalangnya hidayah kepada seseorang atau suatu kaum. Alloh   berfirman:
“Maka siapakah yang lebih dzolim daripada orang-orang yang membuat-buat dusta terhadap Alloh untuk menyesatkan manusia tanpa pengetahuan? Sesungguhnya Alloh tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang dzolim.” (QS. al-An’am [6]: 144)

Sungguh sebuah malapetaka jika hidayah Alloh   tidak turun karena terhalangi dengan kedzoliman mereka. Tak ada lagi harapan bagi umat tersebut untuk meraih kebahagian hidup setelah matinya selama-lamanya. 

3. Hancurnya daulah (negara) yang dipenuhi dengan kedzoliman.
Ada hubungan yang erat antara kedzoliman dan hancurnya suatu bangsa. Ibarat dua muka dalam sekeping mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Semakin mencapai titik nadhir suatu kedzoliman dalam suatu bangsa, maka pertanda daulah tersebut akan segera runtuh dan hancur. Tak peduli sehebat apapun kemajuan teknologi dan peradabannya.

Alloh   berfirman:
“… Dan tidak pernah (pula) Kami membinasakan kota-kota; kecuali penduduknya dalam keadaan melakukan kedzoliman.” (QS. al-Qoshosh [28]: 59)

“Dan (penduduk) negeri-negeri itu telah Kami binasakan ketika mereka berbuat dzolim, dan telah Kami tetapkan waktu tertentu bagi kebinasaan mereka.” (QS. Al-Kahfi [18]: 59)

Kedzoliman tersebut berasal dari tiga arah. Pertama dari individu atau masyarakat yang berbuat dzolim bahkan menghalalkan kedzoliman. Kedua dari hukum atau pemerintah yang semena-mena. Dan yang ketiga dari undang-undang yang dzolim terkait hak Alloh   dan juga manusia.

Namun, kedzoliman akan tetap hengkang dari singgasananya. Begitulah sunatulloh di bumi ini hingga kiamat tiba. Suatu kedzoliman meski terkadang pada suatu masa mencuat dan menguasai dunia namun takkan lama akan sirna. Ya, sirna ditelan cahaya kebenaran yang takkan pernah padam sepanjang masa. Itulah janji Alloh   bagi orang-orang yang beriman dan bertaqwa.

HALAMAN SELANJUTNYA : 4 CARA MENCEGAH KEDZALIMAN DAN CARA MENGHINDARINYA 

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.