MAKALAH ISLAM NIH
MAKALAH ASBABUN NUZUL ALQUR'AN
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LatarBelakang
Tidaklahtersembunyibagisiapapunjugabahwatiap-tiapsesuatuadasebabdankadarnya.
Demikianlahsunatulloh di dalamalamini.Sejarahadalahsaksi yang
benarmenetapkankebenaranini.Seorangahlisejarahharusmengetahuisebab-sebabkejadiandansebab-sebabpendorongnyajikadiainginmengetahuihakikatsejarahitu.
Yang
hendakmemehamikesusatraanarabharusmengetahuisebab-sebab yang
mendorongseseorangpenyairuntukmengubahsairnyadansuaasanaketikasyair-syairitu di
ucapkan.mengetahuisuasanadankeadaanitu, menololngkitauntukmemahamidanmerasakansaripatidarisyair-syairitu.
Demikian pula halnyadenganayat-ayatdansurat-surat yang
menghendakisebabnuzulnya.olehsebabitupentingkiranyabagi kami menyusunmakalah“Asbab
an-Nuzul”.
B.
Rumusanmasalah
1.
ApapengertianAsbab
an-Nuzul?
2.
Apamacam-macamAsbab
an-Nuzul?
3.
ManfaatmempelajariilmuAsbab
an-Nuzul?
C.
Tujuan
1.
MengetahuiAsbab
an-Nuzul
2.
Menambahwawasandanpengetahuan
3.
NiatikhlasdanmengharapridhoAllohsubhanahuwata’ala
BAB II
PEMBAHASAN
A.
PengertianSabab
an-Nuzul
Menurutbahasa
(etimologi), asbabunnuzulberartiturunnyaayat-ayat al-Qur’an[1]dari kata
“asbab” jamakdari“sababa” yang artinyasebab-sebab, nuzul yang
artinyaturun. Yang dimaksuddisiniadalahayat al-Qur’an
مانزلت لايةاوالايةاوالاياتبسببه متضمنة له اومجييةعنه او مبينة لحكمه
زمن وقوعه
“suatu yang
dengansebabnyalahturunsuatuayatataubeberapaayat yang mengandungsebabitu,
ataumemberikanjawabantentangsebabitu,ataumenerangkanhukumnyapadamasaterjadinyaperistiwa
itu.”2
AsbabunNuzuldidefinisikan “sebagaisuatuhal yang karenanya
al-qur’anditurunkanuntukmenerangkan status hukumnya, padamasahalituterjadi,
baikberupaperistiwamaupunpertanyaan”, asbabunnuzulmembahaskasus-kasus yang
menjaditurunnyabeberapaayat al-qur’an, macam-macamnya, sight
(redaksi-redaksinya), tarjihriwayat-riwayatnyadanfaedahdalammempelajarinya.
B.
Macam–macamAsbabun an-Nuzul
1.
Dilihatdarisudutpandangredaksi yang dipergunakandalamriwayatasbab an-nuzul
a. Sarih
(jelas)
Artinyariwayat
yang memangsudahjelasmenunjukkanasbabunnuzuldenganindikasimenggunakanlafal
(pendahuluan).
سبب نزول هذه الآية
هذا...
Sebabturunayatiniadalah
حدث هذا...
فنزلت الآية`
(Telahterjadi
…… makaturunlahayat
سئل رسول الله
عن كذا... فنزلت الآية
Rasulullahpernahkiranyatentang
…… makaturunlahayat.
b. Muhtamilah(masihkemungkinanataubelumpasti)
Riwayatbelumdipastikansebagaiasbab
an-Nuzulkarenamasihterdapatkeraguan.
نزلت هذه الآية
فى كذا...
(ayatiniditurunkanberkenaandengan)
احسب هذه الآية
نزلت فىكذا...
(sayakiraayatiniditurunkanberkenaandengan
……)
ما احسب نزلت
هذه الآية الا فىكذا...
(sayakiraayatinitidakditurunkankecualiberkenaandengan
…)
2.
Dilihatdarisudutpandangterbilangnyaasbabunnuzuluntuksatuayatatauterbilangnyaayatuntuksatusebabasbab
an-nuzul.
a. Beberapasebab yang hanyamelatarbelakangiturunnyasatuayat
b. Satusebab yang melatarbelakangiturunnyabeberapaayat.
C. Ungkapan-ungkapanAsbab
an-Nuzul
1. MenurutAz-Zarqani
“Asbab
an-Nuzuladalahhalkhususatausesuatu yang terjadisertahubungandenganturunnyaayat
al-Qur’an yang berfungsisebagaipenjelashukumpadasaatperistiwaituterjadi”.
2. Ash-Shabuni
“Asbab
an-Nuzuladalahperistiwaataukejadian yang
menyebabkanturunnyasatuataubeberapaayatmulia yang
berhubungandenganperistiwadankejadiantersebut, baikberupapertanyaan yang
diajukankepadaNabiataukejadian yang berkaitandenganurusan agama”.
3. SubhiShalih
ما نزلت الآية اواآيات بسببه متضمنة له او مجيبة عنه او مبينة لحكمه
زمن وقوعه
“AsbabunNuzuladalahsesuatu
yang menjadisebabturunnyasatuataubeberapaayat al-Qur’an yang
terkadangmenyiratkansuatuperistiwasebagairesponatasnyaatausebagaipenjelasterhadaphukum-hukumketikaperistiwaituterjadi”.[2]
4.
Mana’ al-Qathan
مانزل قرآن بشأنه وقت وقوعه كحادثة او سؤال
“Asbab
an-Nuzuladalahperistiwa yang menyebabkanturunnya al-Qur’an
berkenaandengannyawaktuperistiwaituterjadi,
baikberupasatukejadianatauberupapertanyaan yang diajukankepadaNabi.[3]
5.
NurcholisMadjid
Menyatakanbahwaasbab
al-nuzuladalahkonsep,
teoriatauberitatentangadanyasebab-sebabturunnyawahyutertentudari al-Qur’an
kepadaNabi saw baikberupasatuayat, saturangkaianayatmaupunsatusurat.[4]
Kendatipunredaksipendefinisian
di atassedikitberbedasemuamenyimpulkanbahwaasbab
an-nuzuladalahkejadian/peristiwa yang melatarbelakangiturunnyaayat al-Qur’an
dalamrangkamenjawab, menjelaskandanmenyelesaikanmasalah-masalah yang
timbuldarikejadiantersebut
MengutippengertiandariSubhi
al-Shalehkitadapatmengetahuibahwaasbabunnuzuladakalanyaberbentukperistiwaataujugaberupapertanyaan,
kemudianasbabunnuzul yang berupaperistiwaitusendiriterbagimenjadi 3 macam :
1. Peristiwaberupapertengkaran
Sepertikisahturunnyasurat
Ali Imran : 100 .Yang bermuladariadanyaperselisihanolehkaumAusdanKhazrajhinggaturunayat
100 darisurat Ali Imran yang menyerukanuntukmenjauhiperselisihan.
2. Peristiwaberupakesalahan yang serius
Sepertikisahturunnyasurat
an-Nisa’ : 43. Saatituadaseorang Imam shalat yang
sedangdalamkeadaanmabuk, sehinggasalahmengucapkansurat al-Kafirun, surat
An-Nisa’ turundenganperintahuntukmenjauhishalatdalamkeadaanmabuk.
3. Peristiwaberupacita-cita/keinginan
Inidicontohkandengancita-cita
Umar ibnKhattab yang menginginkanmaqam Ibrahim sebagaitempatshalat, laluturunayat
والتخذ وامن
مقام ابراهيم مصلّى
Sedangkanperistiwa
yang berupapertanyaandibagimenjadi 3 macam, yaitu :
1. Pertanyaantentangmasalaluseperti :
štRqè=t«ó¡o„ur`tã“ÏŒÈû÷ütRös)ø9$#(ö@è%(#qè=ø?r'y™Nä3øŠn=tæçm÷ZÏiB#·ò2ÏŒÇÑÌÈ
“Merekaakanbertanyakepadamu
(Muhammad) tentangDzulkarnain.Katakanlah:
"Akuakanbacakankepadamuceritatantangnya". (QS. Al-Kahfi: I
2.
Pertanyaan yang berhubungandengansesuatu yang
sedangberlangsungpadawaktuitusepertiayat:
štRqè=t«ó¡o„urÇ`tãÇyr”9$#(È@è%ßyr”9$#ô`ÏBÌøBr&’În1u‘!$tBurOçFÏ?ré&z`ÏiBÉOù=Ïèø9$#žwÎ)WxŠÎ=s%ÇÑÎÈ
“Dan
merekabertanyakepadamutentangroh.Katakanlah:
"RohitutermasukurusanTuhan-ku,
dantidaklahkamudiberipengetahuanmelainkansedikit". (QS. Al-Isra’ : 85)
3.
Pertanyaantentangmasa yang akandatang
y7tRqè=t«ó¡o„Ç`tãÏptã$¡¡9$#tb$ƒr&$yg9y™öãBÇÍËÈ
D.ManfaatMengetahuiAsbab
an-Nuzul
1.
Mengetahuihikmahpemberlakuansuatuhukum,
danperhatiansyari’atterhadapkamaslahatanumumdalammenghadapaisegalaperistiwasebagairahmatbagiummat.
2.
Member batasanhukum
yang diturunkandengansebab yang terjadi, jikahukumitudinyatakandalambentukumum.Inibagimereka
yang berpendapatal-‘ibarahbikhushush as-sabab la bi ‘umum al-lafdzi(
yangmembatasimenjadipeganganadalahsebab yang khusus, bukanlafadz yang umum).
3.
Apabilalafazh
yang diturunkanitubersifatumumdanadadalil yang menunjukanpengkhususan,
makanyaasbab an-nuzulakanmembatasitakhshish (pengkhususan)
ituhanyaterhadap yang selainbentukasbab.
4.
Mengetahuisebabturunyaayatadalahcaraterbaikuntukmemahami
al-Quran danmenyikapkesamaran yang tersembunyidalamayat-ayat yang tidakdapat di
tafsirkantanpapengetahuansebabturuNya.Al-Wahidimenjelaskan,”tidakmungkinmengetahuitafsirayattanpamengetahuisejarahdanpenjelasansebabturunya.’Ibnudaqiq
Al-Id berpendapat,” keterrangantentangsebabturunyaayatadalahcara yang
tepatuntukmemehamimakna al-Qur’an. MenurutIbnuTaimiyah,
mengetahuisebabturunyaayatakanmembantudalammemehamiayat,
karenamengetahuisebabakanmengatarkanpengetahuankepadamusababnya
(akibat).
5.
Sebabturunyaayatdapatmenerangkantentangkepadasiapaayatituturunkansehinggaayattersebuttidak
di terapkankepada orang lainkarenadoronganpermusuhandanperselisihan.
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
1.
Pengertian
Menurutbahasa
(etimologi), asbabunnuzulberartiturunnyaayat-ayat al-Qur’an[5]dari kata
“asbab” jamakdari“sababa” yang artinyasebab-sebab, nuzul yang
artinyaturun. Yang dimaksuddisiniadalahayat al-Qur’an
مانزلت لايةاوالايةاوالاياتبسببه متضمنة له اومجييةعنه او مبينة لحكمه
زمن وقوعه
“suatu yang dengansebabnyalahturunsuatuayatataubeberapaayat
yang mengandungsebabitu,
ataumemberikanjawabantentangsebabitu,ataumenerangkanhukumnyapadamasaterjadinyaperistiwa
itu.”2
2. Macam–macamAsbabun an-Nuzul
a. Dilihatdarisudutpandangredaksi yang dipergunakandalamriwayatasbab
an-nuzul
·
Sarih (jelas)
·
Muhtamilah ( masihkemungkinanataubelumpasti )
b.
Dilihatdarisudutpandangterbilangnyaasbabunnuzuluntuksatuayatatauterbilangnyaayatuntuksatusebabasbab
an-nuzul.
·
Beberapasebab yang hanyamelatarbelakangiturunnyasatuayat
·
Satusebab yang melatarbelakangiturunnyabeberapaayat.
DAFTAR
PUSTAKA
Al-khattan,
Manna’ .2006,pengatarstudi,ilmuqur’an.JakartaTimur :PT. Pustaka al-
Kautsar
Al-khattan, Manna’ khalil.2004.Studi ilmu-ilmuqur’an.Bogor:PT. Pustakaliteraantarnusa
Syadali,Ahmaddan Ahmad Rifa’i,2006. Ulumul Qur’an I, Bandung: PustakaSetia
Al-khattan, Manna’ khalil.2004.Studi ilmu-ilmuqur’an.Bogor:PT. Pustakaliteraantarnusa
Syadali,Ahmaddan Ahmad Rifa’i,2006. Ulumul Qur’an I, Bandung: PustakaSetia
Shalih,Subhi.1988,Mabahits fi ‘Ulumul
Qur’an, Dar al-Qalam li Al-Malayyin, Beirut
Ahmadehirjin,Moh.1998, Al-Qur’an danUlumul
Qur’an, Yogyakarta: PT. Dana Bhakti Primayasa
[1] Ahmad Syadalidan Ahmad Rifa’i, Ulumul Qur’an I, Bandung:
PustakaSetia, 2006, hlm. 89.
[2]SubhiShalih,Mabahits fi ‘Ulumul Qur’an, Dar
al-Qalam li Al-Malayyin, Beirut, 1988, hlm. 132.
[3]Mana’ al-Qathan,Mabahits fi Ulumul Qur’an,Mansyurat
al-Ahsan al-Hadits, t.tp., 1973, hlm. 78.
[4]Moh.Ahmadehirjin, Al-Qur’an danUlumul Qur’an,
Yogyakarta: PT. Dana Bhakti Primayasa, 1998, hlm. 30.
[5] Ahmad Syadalidan Ahmad Rifa’i, Ulumul Qur’an I, Bandung:
PustakaSetia, 2006, hlm. 89.
Tidak ada komentar
Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.
Salam : Admin K.A.