HURUF ATAF (العطف حروف)



العطف حروف
المواضع بعض في حتّى و لكنّ و لا و  و بل وإمّا،   ام  و واو ثمّ  و والفاء الواو: هي و عشرة العطف حروف و
على او، خفضت مخفوض على او، نصبت منصوب على او، رفعت مرفوع على عطفت فإن
يقعد لم و يقم لم زيد و عمرو و بزيد مررت و، عمرا و زيدا رايت و، عمرو و زيد قام : تقول، جزمت مجزوم
“ Huruf athaf  ada sepuluh, yaitu : الواو (dan), الفاء (kemudian), ثمّ (kemudian), او (atau), ام (atau), إمّا (atau), بل (tetapi), لا(tidak), لكنّ (akan tetapi), dan حتّى (hingga) pada sebagian tempat. Jika mengathafkan sebuah kata kepada ma’thuf yang marfu’, engkau harus merafa’kannya. Demikian pula halnya jika ma’thuf tersebut manshub, engkau harus menashabkan athafnya. Bagitu pula jika ma’thuf beri’rab makhfudh atau majzum, maka engkau harus menjadikannya khafadh atau jazm. Sebagai contoh : يقعد لم و يقم لم زيد و عمرو و بزيد مررت و، عمرا و زيدا رايت و، عمرو و زيد قام[1]
I.     Makna Athaf
Athaf terbagi kedalam dua makna[2], yaitu :
1.      Secara etimologi bermakna الميل (condong), contoh :  فلان على فلان عطف (si Fulan lebih condong pada si Fulan).
2.      Secara terminologi Athaf terbagi menjadi dua, yaitu :
a)      Athaf bayan.
b)      Athaf nasq.
II.  Macam-Macam Athaf
A.  Athaf Bayan.
Athaf bayan adalah tabi’ yang berupa isim jamid dan berfungsi menjelaskan matbu’nya jika berupa isim ma’rifat, dan berfungsi mentakhshis (mengkhususkan) matbu’nya jika berupa isim nakirah. Contoh :  صديد ماء من [3]
B.   Athaf Nasq.
Athaf nasq adalah athaf yang diantara tabi’ dan matbu’nya terdapat salah satu dari sepuluh huruf-huruf athaf. Huruf-huruf tersebut, yaitu :
-           الواو (dan) huruf ini mutlak digunakan untuk menghubungkan dua kata yang setara, baik berupa isim ataupun berupa fi’il.
Contoh : احمد و محمود جاء
-           الفاء (kemudian) huruf ini berfungsi menunjukan makna tartib (urutan) dan ta’qib (penyusulan). Ta’qib menunjukan bahwa kata yang kedua datang setelah yang pertama tanpa tenggang waktu yang.
Contoh :  فالمشاة الفرسان قدم
-           ثمّ (kemudian) huruf ini berfungsi menunjukan makna tartib dan tarakhi. Tarakhi berbeda dengan ta’qib dari segi adanya tenggang waktu antara kata pertama dan kedua.
Contoh : السلام و الصلاة عليهم محمّدا ثمّ عيسى ثمّ موسى اللهارسل
-           او (atau) huruf ini berfungsi menunjukan makan takhyir (pilihan) atau ibahah (mubah). Perbedaannya jika takhyir harus memilih salah satu pilihan dan  ibahah boleh memilih kedua pilihan yang ada.
Contoh : النحو  او الفقه  اُدرس
-           ام (atau) huruf ini berfungsi untuk meminta ta’yin (penentuan sesuatu) dari seseorang. Dan huruf ini terletak pada huruf hamzah istifham.
Contoh : ؟ النحو او الفقه درست ا
-           إمّا (atau) huruf ini dapat digunakan dalam kalimat dengan syarat harus didahului dengan huruf إمّا lainnya dan huruf ini memiliki makna yang sama dengan huruf او (atau).
Contoh : اختها إمّا و هندا إمّا تزوّجْ
-           بل (tetapi) huruf ini digunakan untuk idhrab, yaitu mengalihkan perhatian dari kata yang terletak sebelum بل .
Contohnya :  بكر بل محمّد جاء ما
-           لا(tidak) huruf ini berfungsi menafikan kesetaraan hukum pada kata yang terletak diantara huruf tersebut.
Contoh : خالد لا بكر جاء
-           لكنّ (akan tetapi) huruf ini menunjukan penetapan suatu hukum (keadaan) pada sebuah kata yang terletak sebelum huruf لكنّ, sekaligus menetapkan kebalikan dari kata yang terletak sesudah huruf tersebut.
 Contoh : المجتحدين لكن الكُسالى احبّ لا
-           حتّى (hingga) huruf ini digunakan untuk At Tadrij (pemberian tahapan) dan Al Ghoyah (penentuan tujuan). Makna At Tadrij adalah dalalah / indikasi berlalunya sesuatu setahap demi setahap.
Contoh : الابياء حتّى الناس يموت

III. Kaidah Hukum Huruf-Huruf Athaf
Sepuluh huruf di atas mempengaruhi athaf sehingga mengikuti ma’thufnya dalam segi pengi’rabannya di dalam kalimat. Para ‘ulama ahli nahwu menyebutkan ada beberapa kaidah yang harus diperhatikan dalam hukum huruf-huruf athaf [4], diantaranya yaitu :
1)      فإن كان المتبوع مرفوعا كان التابع مرفوعا
Apabila matbu’nya marfu’ (berada dalam keadaaan rafa’) maka tabi’nya pun harus berada dalam keadaan marfu’. Contoh : قابلني محمّد و خالد [5] 
2)      وإن كان المتبوع منصوبا كان التابع منصوبا
Apabila matbu’nya manshub (berada dalam keadaan nashab) maka tabi’nya pun harus berada dalam keadaan nashab. Contoh : قابلتُ محمّدا و خالدا [6]
3)      و إن كان المتبوع مخفوضا كان التابع مخفوضا
Apabila matbu’nya makhfudl (berada dalam keadaan khafadl) maka tabi’nya pun harus berada dalam keadaan khafadl. Contoh : مررتُ بمحمّد و خالد [7]
4)      و إن كان المتبوع مجزوما كان التابع مجزوما
Apabila matbu’nya majzum (berada dalam keadaan jazm) maka tabi’nya pun harus berada dalam keadaan jazm. Contoh : لم يحضرْ خالد او يُرسلْ رسولا [8]
Dan dari berbaga contoh-contoh diatas kita dapat mengetahui bahwa isim hanya dapat diathafkan pada isim dan fi’il hanya dapat diathafkan pada fi’il [9].




[1] Lihat Tuhfatus Saniyah Syarah Ajurumiyah, karya Muhammad Muhyidin Abdul Hamid, cetakan pertama, hal. 201, bab huruf-huruf athaf.
2 Lihat Tuhfatus Saniyah Syarah Ajurumiyah, karya Muhammad Muhyidin Abdul Hamid, cetakan pertama, hal. 201, bab huruf-huruf athaf.
3 Lihat Al Qur’an Surat Ibrahim : 16.


[4] Lihat Kitab Al Hulal Adz dzahabiyah ‘ala Tuhfatis Saniyah, karya Muhammad Ash Shogir Ibn Qa’id Ibn Ahmad, cetakan ke tiga, hal. 211, bab hukum huruf-huruf athaf.
[5] قابل فعل ماض مبنيّ على الفتح، و النون للوقاية، و الياء ضمير متّصل مبنيّ على السكون في محلّ نصب مفعول به مقدّم، محمّد فاعل مرفوع و علامة رفعه ضمّة ظاهرة على اخره، والواو حرف عطف، خالد معطوف على محمّد      
[6] قابل فعل ماض مبنييّ على الفتح، و التاء ضمير متّصل مبنيّ على الضم في محلّ رفع فاعل، محمّد مفعول به منصوب و علامة نصبه فتحة ظاهرة على اخره، الواو حرف عطف، خالد معطوف على محمّد
   [7] مرّ فعل ماض مبنيّ على الفتح، و التاء ضمير متّصل مبنيّ على الضمّ في محلّ رفع فاعل، الباء حرف جرّ، محمّد إسم مجرور و علا مة جرّه كسرة ظاهرة على اخره، الواو حرف عطف، خالد معطوف على محمّد
[8] لم حرفنرنفي و جزم و قلب مبنيّ على السكون، يحضر فعل مضارع مجزوم بلم و علامة جزمه السكون، خالد فاعل مرفوع و علامة رفعه ضمّة ظاهرة على اخره، او حرف عطف، يُرسلْ معطوف على يحضر، و فاعل يرسل ضمير مستتر جوازا تقدره (هو)، رسولا مفعول به منصوب و علامة نصبه فتحة ظاهرة على اخره
[9] Lihat Kitab Al Hulal Adz dzahabiyah ‘ala Tuhfatis Saniyah, karya Muhammad Ash Shogir Ibn Qa’id Ibn Ahmad, cetakan ke tiga, hal. 212, bab hukum huruf-huruf athaf.

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.