IDHOFAH ا لا ضا فة

ا لا ضا فة
A.    Pengertian idhofah
Idhofah adalahmenyandarkan atau menisbatkan sesuatu kepada sesuatu yang lainnya.
Contoh;

لعبنا فئ فناء المدرسة
نمت في بيت ا حمد
افتح باب الفصل
Dan apabila kita berkata لعبنا في فناء maka kalimat ini benar, akan tetapi kita tidak menerangkan kepada pendengar bahwa lapangannya bukan lapangan yang khusus, akan tetapi masi lapangan umum.
Akan tetapi apabila kita berkata  لعبنا فئ فناء المدرسة maka kita telah menisbatkan/ menyandarkan kalimat  فناء kepada sesuatu yang khusus yaitu sekolah/ المدرسة.
Begitu juga dengan contoh yang selanjutnya, jika anda berkata  نمت في بيت maka pendengar akan faham bahwa anda telah tidur dirumah, akan tetapi anda belum mengkhususkan dirumah siapa anda tidur.
Akan tetapi ketika anda berkata  نمت في بيت ا حمد maka anda telah menisbatkan atau menyandarkan  بيت kepada sesuatu yang khusus
Yaitu ا حمد, maka dengan ini anda telah menisbatkan dan menerangkan bahwa anda telah tidur dirumah ahmad.
Oleh karena itu kalimat فناء, بيت, باب disebut dengan Mudhof karena telah di idhofahkan kekalimat isim setelahnya.
Sedangkan kalimat isim setelah mudhof disebut dengan Mudhof ilaih.

B.     Syarat syarat mudhof
Ø  Tidak boleh tanwin
كتاب   -   كتاب علي
باب  -  باب الفصل
فناء  -   فناء المدرسة
Ø  Membuang nun mutsana dan jama mudzakar salim
كتابان   -   كتابا علي
بابان – بابا الفصل   
مدرسون – مدرسو المدرسة
مسلمون – مسلمو اندونسيا
Ø  Membuang alif lam
البيت – بيت الله
الباب – باب المسجد
                          
Catatan :
Jika terdapat dua lafadz yang keduanya memakai alif lam, tanwin, maka lafadz yang keduanya bukan mudhof ilaihi melainkan sifat.
Contoh ;
في  الا ية الكريمة
حديث ضعيف
C.    Kandungan arti idhofah

Kandungan arti idhofah diperkirakan diantara 3 kemungkinan yaitu ;
Ø  Memperkirakan arti    من ( dari )
              خاتم حديد
( cincin dari besi )
Ø  Memperkirakan arti  الا م ( milik )
بيت علي  
( rumah milik ali )
Ø  Memperkirakan arti في  ( didalam )
عذاب القبر
( siksa dalam kubur )


القاعدة
المضاف اسم نسب الي اسم بعده فعرف بسبب هذه النسبة اوتخصص.
المضاف اليه يحذف تنوينه عند الاضافة اذا كان منونا قبلها, وتحذف نونه اذا كنا مثني او جمع مذكرسالما.
المضاف اليه اسم ياًتي بعد المضاف, وهو مجرور


DAFTAR PUSTAKA
v  Ali jarim, Musthofa amin.1975. Nahwul waadih.Mesir : darul maarif
v  Zakaria, Aceng. 2004. Ilmu nahwu praktis.Garut : ibnu azka

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.