MAKALAH SASTRA NIH
IDHOFAH ا لا ضا فة
ا لا ضا فة
A.
Pengertian idhofah
Idhofah
adalahmenyandarkan atau menisbatkan sesuatu kepada sesuatu yang lainnya.
Contoh;
لعبنا فئ فناء
المدرسة
نمت في بيت ا حمد
افتح باب الفصل
Dan apabila kita
berkata لعبنا في فناء maka kalimat ini benar, akan tetapi kita tidak menerangkan
kepada pendengar bahwa lapangannya bukan lapangan yang khusus, akan tetapi masi
lapangan umum.
Akan tetapi apabila
kita berkata لعبنا
فئ فناء المدرسة maka kita
telah menisbatkan/ menyandarkan kalimat فناء kepada
sesuatu yang khusus yaitu sekolah/ المدرسة.
Begitu juga dengan
contoh yang selanjutnya, jika anda berkata
نمت في بيت maka pendengar akan faham bahwa anda telah tidur dirumah, akan
tetapi anda belum mengkhususkan dirumah siapa anda tidur.
Akan tetapi ketika
anda berkata نمت
في بيت ا حمد maka anda telah
menisbatkan atau menyandarkan بيت kepada
sesuatu yang khusus
Yaitu ا حمد, maka
dengan ini anda telah menisbatkan dan menerangkan bahwa anda telah tidur
dirumah ahmad.
Oleh karena itu
kalimat فناء,
بيت, باب disebut
dengan Mudhof karena telah di idhofahkan kekalimat isim setelahnya.
Sedangkan kalimat
isim setelah mudhof disebut dengan Mudhof ilaih.
B.
Syarat syarat mudhof
Ø
Tidak boleh tanwin
كتاب - كتاب
علي
باب - باب
الفصل
فناء -
فناء المدرسة
Ø Membuang nun
mutsana dan jama mudzakar salim
كتابان - كتابا
علي
بابان – بابا الفصل
مدرسون – مدرسو
المدرسة
مسلمون – مسلمو
اندونسيا
Ø Membuang alif lam
البيت – بيت الله
الباب – باب المسجد
Catatan :
Jika terdapat dua lafadz yang
keduanya memakai alif lam, tanwin, maka lafadz yang keduanya bukan mudhof
ilaihi melainkan sifat.
Contoh ;
في الا ية الكريمة
حديث ضعيف
C. Kandungan arti
idhofah
Kandungan arti
idhofah diperkirakan diantara 3 kemungkinan yaitu ;
Ø
Memperkirakan arti من
( dari )
خاتم حديد
( cincin
dari besi )
Ø
Memperkirakan arti الا م ( milik )
بيت علي
( rumah
milik ali )
Ø
Memperkirakan arti في (
didalam )
عذاب القبر
( siksa dalam kubur )
القاعدة
المضاف اسم نسب الي
اسم بعده فعرف بسبب هذه النسبة اوتخصص.
المضاف اليه يحذف
تنوينه عند الاضافة اذا كان منونا قبلها, وتحذف نونه اذا كنا مثني او جمع
مذكرسالما.
المضاف اليه اسم
ياًتي بعد المضاف, وهو مجرور
DAFTAR PUSTAKA
v Ali jarim, Musthofa
amin.1975. Nahwul waadih.Mesir : darul maarif
v Zakaria, Aceng.
2004. Ilmu nahwu praktis.Garut : ibnu azka
Tidak ada komentar
Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.
Salam : Admin K.A.