DALIL TENTANG RIBA DARI AS-SUNNAH


Berikut ini beberapa dalil dalam alquran tentang larangan riba dan balasanya di akhirat kelak. Baca juga tulisan sebelimnya disini yang mengulas tentang definsi serta bahaya Riba.

Dalil Bahaya Riba dari as-Sunnah

1. Pelaku riba diceburkan di sungai darah
Rosululloh   bersabda:
“Bahwasanya beliau didatangi oleh dua malaikat lalu mereka berkata, ‘Marilah ikut bersama kami,’ hingga akhirnya dua malaikat itu membawa beliau ke sebuah sungai darah, di dalam sungai tersebut ada seorang yang sedang berenang. Sementara itu di pinggir sungai ada orang lain yang menghadap ke bebatuan dan ia memandang ke arah orang yang berenang di tengah sungai. Jika orang yang di tengah sungai itu ingin keluar darinya maka laki-laki yang di pinggir kali melempari mulutnya dengan batu, sehingga ia kembali lagi ke tempatnya semula. Lalu Nabi berkata: “Aku bertanya kepada dua malaikat tentang orang yang berada di sungai itu, maka mereka menjawab, ‘Adapun orang yang engkau datangi tadi yang berenang di sungai lalu mulutnya disumpal batu dia adalah pemakan riba”.” (HR. al-Bukhori)
Hadits ini memberikan gambaran yang jelas sekali bagaimana kerasnya adzab di alam barzakh bagi orang yang memakan harta riba. Dia akan dilemparkan ke dalam sungai darah. Setiap kali berupaya keluar darinya, akan dikembalikan lagi kedalamnya. 

Semua tentu akan merasa jijik jika melihat darah melimpah ruah dan berceceran. Bagaimanakah halnya dengan sungai darah? Maukah saudara berenang di dalamnya sebagaimana para pelaku riba? 

2. Penyebab datangnya laknat Alloh   dan dijauhkan dari rohmat-Nya
Dari Jabir bin Abdillah  , Nabi   bersabda:
“Rosululloh   melaknat pemakan riba, pemberi  riba, penulisnya, dan dua orang saksinya.” Beliau bersabda, “Mereka itu sama.” (HR. Muslim)
Wahai saudaraku… hadits shohih ini secara tegas menjadi hujjah atas siapa saja yang membantu para pemakan riba. Rosululloh   melaknat kepada semua pihak yang terlibat, dan beliau   memeritahukan bahwa mereka itu adalah sama. Apabila seorang penulis dan saksi adalah satu sekutu yang sama, bagaimanakah dengan yang mengurusinya?
Tahukah saudara makna laknat? Laknat adalah dijauhkan dari rohmat Alloh  . Termasuk bagian dari rohmat-Nya adalah seseorang dimasukan ke dalam surga-Nya. Dengan demikian berarti Alloh   menjauhkan para pelaku riba dari surga-Nya. 

3. Mengalami kerugian
Dari Ibnu Mas’ud  , Nabi   bersabda:
 ))مَا أَحَدٌ أَكْثَرَ مِنَ الرِّبَا إِلاَّ كَانَ عَاقِبَةُ أَمْرِهِ تَصِيْرُ إِلَي قَلٍّةٍ(( 
“Tidaklah salah seorang memperbanyak hasil riba melainkan akhirnya bangkrut pula.” (HR. Ibnu Majah)
Syaikh Ibnu Utsaimin   berkata, “Alloh   melenyapkan hasil riba, dengan digunakannya kepada kehancuran, atau Alloh   mencabut keberkahannya.”
Ini merupakan peringatan dari Alloh   bagi para pelaku riba, bahwasannya harta riba meskipun banyak pada suatu hari, namun pada akhirnya dan penghujungnya adalah kehancuran.
Saudaraku ... kita saksikan sendiri dalam kenyataan bahwa para pelaku riba selalu diberi cobaan oleh Alloh   dalam harta yang diperoleh.

Bukankah kita saksikan bahwa Alloh   selalu menguji mereka dengan musibah? Bukankah kita saksikan bahwa Alloh   selalu menguji mereka dengan penyakit? Bukankah kita saksikan bahwa Alloh   menguji mereka dengan kecelakaan sehingga menghabiskan uang untuk keperluan itu? Bukankah kita saksikan bahwa mereka senantiasa mengalami kerugian dalam perdagangan? Kalau tidak tertimpa itu semua, kelak Alloh   mengakhirkan mereka semua pada hari kiamat dan tentu lebih dahsyat lagi.

4. Riba itu sedikit meskipun terlihat banyak
Rosululloh   bersabda:
 ))اَلرِّبَا وَ إِنْ كَثُرَ فَإِنَّ عَاقِبَتَهُ تَصِيْرُ إِلَي قَلٍّ(( 
“Riba meskipun banyak namun akibatnya akan menjadi sedikit.” (HR. al-Hakim)
Hadits ini merupakan peringatan bagi para pelaku riba. Sesungguhnya harta riba meskipun pada mulanya melimpah ruah, namun akhirnya akan musnah dan binasa.

Perhatikanlah saudaraku … rumah megah para pelaku riba akhirnya mereka jual dan digadaikan. Mobil mewah yang mereka miliki pada akhirnya disita oleh pihak bank karena terlilit hutang. Rumah tangga yang awalnya meraih ketenangan dan ketenteraman akhirnya berujung perceraian.

5. Perutnya besar berisi ular
Dari Abu Huroiroh  , Nabi   bersabda: 
“Pada malam ‘isro, aku mendatangi suatu kaum yang perut mereka sebesar rumah. Ada ular di perutnya kelihatan dari luar. Lalu aku bertanya, ‘Wahai Jibril, siapa mereka itu?’ Dia menjawab, ‘Mereka pemakan hasil riba’.” (HR. Ibnu Majah)
Siapakah yang pernah melihat orang yang berperut sangat besar lagi menyeramkan?

Inilah pelaku riba, pada hari Kiamat berperut besar laksana rumah. Pemandangan yang tak pernah terbayangkan di dunia yang fana ini. Jika ada orang yang demikian, tentu semua orang akan lari darinya.
Apakah yang terdapat dalam perut besar itu? Dialah ular yang termasuk jenis binatang buas dan menyeramkan. Setiap orang takut dan khawatir tersengat bisanya. Oh … sungguh sangat mengerikan!!!

6. Riba penyebab datangnya kehinaan
Umat Islam di belahan dunia pada masa kini dilanda kehinaan dan penindasan oleh orang-orang kafir. Mereka diserbu dari berbagai arah laksana hidangan yang siap disantap. Meskipun jumlah umat Islam banyak, mereka laksana buih dilautan tak memiliki daya dan kekuatan. 

Apakah yang menyebabkan mereka menjadi hina? Salah satu penyebabnya adalah kaum Muslimin asyik dan senang menikmati riba. Seolah-olah riba adalah hal yang biasa yang tak pernah dilarang oleh agama menurut anggapan mereka atau pura-pura tidak tahu tentang hukum riba. 

Rosululloh   bersabda:
 ))إِذَا تَبَايَعْتُمْ بِالْعِيْنَةِ وَأَخَذْتُمْ أَذْنَابَ الْبَقَرِ وَرَضِيْتُمْ بِالزَّرْعِ وَتَرَكْتُمُ الْجِهَادَ سَلَّطَ اللهُ عَلَيْكُمْ ذُلاًّ لاَ يَنْزِعُهُ حَتَّى تَرْجِعُوْا إِلَى دِيْنِكُمْ(( 
“Kalau kalian melakukan perdagangan dengan ‘inah (riba), dan puas sebagai peternak-peternak dan senang dengan hanya bertani saja serta meninggalkan jihad (perjuangan), maka Alloh akan menimpakan kehinaan atas kalian. Dia tidak akan mencabut kehinaan itu sehingga kalian kembali kepada din (agama) kalian.” (HR. Abu Dawud)

7. Riba lebih parah daripada zina 36 kali.
Secara fithroh insani, perbutan zina adalah perkara yang sangat menjijikan. Akal sehatpun menyatakan demikian. Inilah perkara yang diketahui oleh mayoritas manusia. 
Bagaimana penilaian saudara kepada orang yang telah berzina satu kali saja? Tentu saudara akan menilai bahwa apa yang ia kerjakan termasuk perbuatan hina. Bagaimanakah dengan perbuatan zina yang dilakukan orang selama tiga puluh enam kali?

Ada hal yang tersembunyi bagi masyarakat tentang masalah riba. Mereka menganggap riba adalah perkara yang mubah dan boleh-boleh saja. 
Tahukah saudara bahwa dosa riba lebih dahsyat dari 36 kali berzina?
Rosululloh   bersabda:
“Satu dirham dari riba yang dimakan oleh seseorang dan ia tahu itu (riba), maka lebih besar di sisi Alloh daripada berzina tiga puluh enam kali.” (HR. Ahmad)

8. Orang yang mempraktekkan riba seakan-akan menzinahi ibunya
Bukankah setiap Muslim tentu tidak rela putri tambatan hatinya dizinahi oleh laki-laki?. Bukankah iapun tidak akan rela dalam sanubarinya bahwa adik kandungnya dizinahi oleh laki-laki? Bukankah ia pun tidak rela bahwa bibinya dizinahi laki-laki? Bukankah iapun tidak rela bahwa ibunya dizinahi laki-laki?
Mengapa masyarakat saat ini rela dan bersuka cita berbuat dosa seperti mereka menzinahi ibu mereka?

Mengapa mereka suka kerja di bank ribawi? Mengapa mereka menikmati bunga bank dari hasil deposito mereka? Mengapa mereka ridho meminjam uang di bank dengan mengembalikan uang pinjaman yang berbunga? Inilah riba yang dosanya laksana seseorang menzinahi ibunya.
Rosululloh   bersabda:
 ))اَلرِّبَا سَبْعُوْنَ بَابًا أَيْسَرُهَا أَنْ يَنْكِحَ الرُّجُلَ أُمَّهُ(( 
“Riba itu memiliki tujuh puluhan pintu, yang paling ringan adalah seperti seseorang yang menyetubuhi ibunya.” (Hadits ini ada di Shahihul Jami’, al-Albani juz I no.3541)

9. Pelaku riba diancam akan dirubah menjadi kera atau babi
Rosululloh   bersabda:
“Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh akan ada sekelompok orang dari umatku yang berada dalam keburukan, kesombongan, permainan dan kesia-siaan, maka jadilah mereka itu kera dan babi-babi dengan sebab mereka menganggap halal apa-apa yang haram, ….. dan dengan sebab memakan riba.” (HR. Ahmad)

Siapakah yang tak kenal dengan binatang babi? Binatang ini sangat kotor dan menjijikan, bahkan semua orang yang berakal dan berfithroh benar lari darinya.
Tahukah anda balasan bagi para pelaku riba? Balasan mereka di dunia ini sungguh sangat hina. Salah satunya adalah mereka akan dirubah menjadi babi dan kera. Siapakah yang rela menjadi binatang babi dan kera?

Itulah siksaan bagi mereka di dunia, dan di akhirat mereka kelak akan mendapatkan siksaan yang lebih menyakitkan.

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.