BAHAYA RIBA MENURUT ISLAM, HATI-HATI ! (pembahasan lengkap makalah artikel)


Pernahkah anda menyaksikan orang yang diceburkan dalam sungai darah? Tahukah anda dosa yang lebih besar daripada 36 kali berzina? Adakah dosa yang sebanding dengan dosa seseorang yang menzinahi ibunya? Amal buruk apakah yang menyebabkan musnah dan hilangnya keberkahan harta? Siapakah yang tidak dapat berdiri pada hari Kiamat kecuali seperti berdirinya orang yang kesurupan setan? Amal buruk apakah yang menyebabkan pelakunya menjumpai kehancuran di dunia dan akhirat? Siapakah yang menginfakkan hartanya di jalan Alloh  , akan tetapi ia tidak dapat meraih pahala? Siapakah yang diancam akan dirubah mukanya menjadi kera atau babi? Kepada siapakah Alloh   dan Rosul-Nya   akan berperang pada hari Kiamat? Itulah perbuatan riba dan balasan yang setimpal yang diperoleh para pelaku riba.

Sesungguhnya siapa saja yang memperhatikan realita kondisi kaum Muslimin pada saat ini, maka ia akan mendapati bahwa masih banyak diantara mereka yang meremehkan atau menggampangkan permasalahan riba. Entah dengan memakannya, menjadi praktisi, menentukan hukum, mengambil pinjaman, menjadi saksi, penjamin, penulis, pendorong, penganjur ataupun pembantu dalam proses transaksi riba.

Masyarakat menganggap seakan-akan urusan riba adalah suatu kebolehan atau hanya kemaksiatan ringan yang bisa dihapus dengan sedekah. Mereka tidak tahu bahwa riba termasuk perbuatan dosa besar yang membinasakan dan menjerumuskan bagi para pelakunya ke jurang api neraka Jahannam.

Sungguh amat disayangkan kita melihat banyak dari kaum Muslimin; baik tua atau muda, pria atau wanita, pejabat kaya raya atau rakyat jelata. Mereka berpenampilan mencerminkan orang yang konsisten dan berpegang teguh terhadap ajaran Islam. Namun, tetap saja mereka terlibat dalam dosa besar ini. Mereka meremehkan permasalahan riba dan bahkan mungkin berlomba-lomba menuju kesana. Maka akhirnya mereka terbelenggu dan terlilit oleh hutang, bahtera rumah tangga mereka tergoncang, dan berbagai akibat buruk lain yang ditimbulkan.

Mengingat betapa bahaya masalah riba bagi kaum Muslimin baik di dunia maupun di akhirat kelak, maka kami menyuguhkan kepada para pembaca tentang permasalahan riba secara mudah dan singkat.

BAHAYA RIBA
Segala sesuatu yang Alloh   perintahkan pasti mengandung kebaikan dan kemaslahatan, baik di dunia maupun di akhirat. Sebaliknya, segala perkara yang menghantarkan pada marabahaya pasti Alloh   larang dan peringatkan.
Diantara perkara yang dilarang oleh Alloh   adalah riba. Praktek ribawi adalah dosa besar yang merebak dan menjamur di masyarakat kita. Padahal, riba memiliki bahaya yang dahsyat bagi pelakunya,baik di dunia maupun di akhirat. 
Sudahkah anda mengetahui bahaya riba? Pernahkah anda membaca ayat-ayat al-Qur’an dan hadits-hadits Rosululloh   tentang ancaman bagi pelaku riba? Jika pernah, apakah membekas dalam hati anda sehingga rela meninggalkan muamalah ribawi?

Saudaraku…marilah membuka hati kita untuk merenungi bahaya riba yang bersumber dari wahyu Ilahi yang suci. Mudah-mudahan Alloh   memberikan taufik dan pemahaman kepada kita sehingga kita bertobat darinya. 

Baca selanjutnya : Bahaya Riba serta dalilnya dari as-Sunnah

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.