CONTOH LENGKAP RPP PAI SMP KELAS VII


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Satuan Pendidikan
:
SMP Al-MANSHURIYAH IBN SHOBAR
Mata Pelajaran
:
PAI
Kelas / Semester
:
VII / 2
Materi Pokok
:
Shalat Jum’at
Alokasi Waktu
:
2 Pertemuan (6 x 40  menit)


A.       KOMPETENSI INTI :
(KI-1)  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2)  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,  percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya;
(KI-3)  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata;
(KI-4)  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1
a
Menunaikan salat Jum’at sebagai implementasi dari pemahaman ketaatan beribadah

2
b
  Memahami ketentuan shalat Jum’at
.
1)         Menjelaskan pengertian shalat Jum’at
2)      Menunjukkan dalil naqli mengenai shalat Jum’at
3)      Menyebutkan syarat-syarat diperbolehkannya melaksanakan shalat Jum’at bagi yang mukim dan safar
4)      Menyebutkan macam-macam kondisi diberikannya keringanan untuk tidak melaksanakan shalat Jum’at
5)      Menyebutkan hikmah shalat Jum’at
3
c
Mempraktikkan shalat Jum’at
6)      Mempraktikkan shalat Jum’at

C.       TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Diberikan kesempatan untuk mengkaji tentang dalil diwajibkanya shalat Jum’at
2.       Melalui kegiatan baca simak tutor sebaya, peserta didik dapat mengerti dan memahami serta mempraktekkan urutan kegiatan dalam shalat Jum’at.

Pertemuan 1
Melalui pendekatan scientific peserta didik mampu:
1.        Menjelaskan pengertian shalat Jum’at
2.        Menunjukkan dalil naqli mengenai shalat Jum’at
3.        Mengklasifikasi kondisi dalam mengambil keringanan untuk tidak shalat Jum’at
4.        Menyebutkan syarat diwajibkannya shalat Jum’at
5.        Mempraktekan shalat Jum’at

Pertemuan 2
1.      Menjelaskan pengertian shalat Jum’at
2.      Menunjukkan dalil naqli mengenai shalat Jum’at
3.      Mengklasifikasi kondisi dalam mengambil keringanan untuk tidak shalat Jum’at
4.      Menyebutkan syarat diwajibkannya shalat Jum’at
5.      Mempraktekan praktek shalat qashar

D.       MATERI PEMBELAJARAN :
SHALAT JUM’AT
1.        Pengertian shalat Jum’at
2.        Dalil naqli tentang shalat Jum’at
3.        Manusia yang diberikan kewajiban melaksanakan shalat Jum’at
4.        Syarat sah shalat Jum’at
5.        Macam-macam keringanan dalm shalat Jum’at
6.        Praktik

E.       METODE PEMBELAJARAN : 
1.       Demontrasi
2.       Diskusi,

F.        MEDIA ALAT DAN SUMBER BELAJAR
         1.     Media
a.. Multimedia Pembelajaran Berbasis Power point tentang sholat Jum’at
b.    Gambar/ Poster

         2.     Alat
                   a.     Komputer
                  b.     LCD Projector
                   c.     Kartu berpasangan (matching card) tentang materi sholat Jum’at

         3.     Sumber Belajar
                   a.            Al Qur’an dan Terjemahannya, PT Sinar Mulia, Jakarta, 2013
                  b.            Shohih Fiqh Sunnah, Sayyid Salim, Pust. Al-Kautsar, Jakarta, 2008
                   c.            Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VII SMP hal 125-139
                  d.            Modul MGMP PAI Kurikulum 2013
                   e.            Internet

G.      LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
      Pertemuan ke satu
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  a.     Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a.
 b.     Guru memulai pembelajaran dengan membaca surah Al-Fatihah dan surah pendek pilihan.
  c.     Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
 d.     Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
  e.     Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.
10 menit
Inti
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
Siswa Mengamati video pembelajaran yang berkaitan dengan shalat Jum’at.
b.    Mempertanyakan
Siswa mengomentari video tentang pelaksanaan salat Jum’at yang ditayangkan.
c.    Asosiasi
Siswa menganalisis tata cara shalat Jum’at.
Merumuskan manfaat shalat Jum’at.
d.    Komunikasi.
Siswa mendemonstrasikan praktik shalat Jum’at.
Siswa menyajikan paparan bagan tentang manfaat shalat Jum’at.
Merumuskan kesimpulan.
80 menit
Penutup
Penutup
a.  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
b. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
10 menit
Pertemuan 2
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.     Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.    Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar
c.     Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.    Pemusatan perhatian dan pemotivasian: mengilustrasikan cerita tentang perjalanan study tour sekolah.
e.     Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
f.     Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak, menanya, berdiskusi, mengkomunikasikan dengan menyampaikan, menanggapi dan membuat kesimpulan hasil diskusi.

10 menit
2.
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
1) Menyimak dan membaca penjelasan mengenai  tata cara shalat Jum’at. Membaca dalil naqli mengenai shalat Jum’at.
2) Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan shalat Jum’at di perjalanan.
b.    Mempertanyakan
1)   Dengan dimotivasi oleh guru, siswa mengajukan pertanyaan tentang ketentuan shalat Jum’at.
2)   Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara pelaksanaan shalat Jum’at.
c.    Mencoba
1) Secara berkelompok mencari data dari berita atau   
    informasi tentang  ketentuan shalat Jum’at.
2) Mendiskusikan tata cara shalat Jum’at.
3) Mendiskusikan manfaat shalat Jum’at.

d.    Asosiasi
1)      Membuat analisis tata cara shalat Jum’at.
2)      Membuat analisis syarat shalat Jum’at.
3)      Merumuskan manfaat shalat Jum’at.
e.    Komunikasi.
1)      Mendemonstrasikan praktik shalat Jum’at.
2)      Menyajikan paparan bagan ketentuan shalat Jum’at.
3)      Memaparkan rumusan hikmah dan manfaat shalat Jum’at
4)      Menanggapi pertanyaan dalam diskusi.
5)      Merumuskan kesimpulan.
60 menit
3.
Penutup
a.       Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
b.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
15 menit

H. PENILAIAN
1.    Sikap spiritual
                            a.     Teknik Penilaian               : Penilaian diri
                           b.     Bentuk Instrumen             : Lembar penilaian diri
                            c.     Kisi-kisi                            :
No.
Sikap/nilai
TP
KD
SR
SL

  1.  
Saya tetap melaksanakan salat walaupun sedang di perjalanan.





  1.  
Saat sedang berwisata, saya selalu mencari masjid atau mushola untuk mengerjakan salat.





  1.  
Saya selalu berdoa ketika akan mengadakan perjalanan jauh.





  1.  
Saya tetap melaksanakan salat Asar, walaupun sedang asyik menyaksikan pertandingan sepakbola.





  1.  
Saya selalu salat Asar terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan ekstra kurikuler.





Instrumen : Terlampir


2.    Sikap sosial
                            a.     Teknik Penilaian               : Penilaian Antar Teman
                            b.     Bentuk Instrumen             : Lembar Penilaian
                            c.     Kisi-kisi:
No.
Sikap/nilai
TP
KD
SR
SL

  1.  
Mau mengajarkan ilmu yang diketahui kepada temannya





  1.  
Mau membantu temannya menyelesaikan hafalan bacaan salat





  1.  
Sering salat berjamaah dengan teman





  1.  
Mau diajak salat berjamaah.





  1.  
Mau meminta bantuan temannya untuk belajar.





Instrumen: jika sesuai diberi check list


3.    Pengetahuan
                            a.     Teknik Penilaian               :  Tes Lisan
                            b.     Bentuk Instrumen             :   Lembar penilaian tes lisan
                            c.     Kisi-kisi    :
No.
Indikator
Butir Instrumen

  1.  
Menyebutkan syarat-syarat shalat Jum’at
Sebutkan  syarat-syarat shalat Jum’at!

  1.  
Menyebutkan dalil naqli tentang salat Jum’at.
Sebutkan ayat Al-Qur’an tentang salat Jum’at!

  1.  
Menyebutkan rukun-rukun shalat Jum’at.
Sebutkan rukun-rukun shlat Jum’at!

Instrumen : Terlampir

4.    Keterampilan
                            a.     Teknik Penilaian               : Performance
                           b.     Bentuk Instrumen             : Praktik
                            c.     Kisi-kisi:
No.
Keterampilan
Butir Instrumen

  1.  
Membaca salawat Ibrohimiyah
Bacakan salawat Ibrohimiyah

  1.  
Praktik shalat  Jum’at
Praktikkan shalat Jum’at!
Instrumen: Terlampir



B.       Penilaian Proses
Lembar pengamatan
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jml skor
Nilai (MK,MB, MT,BT)
Ket


Keaktifan
Keberanian
Keseriusan
Ketelitian





1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

























Keterangan:
1.      Apabila peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator.70
2.      Apabila sudah memperlihatkan perilaku  tetapi belum konsisten yang dinyatakan dalam indikator.80
3.      Apabila sudah memperlihatkan perilaku dan sudah kosisten yang dinyatakan dalam indikator.90
4.      Apabila sudah memperlihatkan perilaku kebiasaan  yang dinyatakan dalam indikator.100

Rentang Skor                 =  Skor Maksimal – Skor Minimal
                                      =  16 - 4
                                      =  12

MK               =      14 - 16
MB                =      11-  13
MT                =        8 - 10
BT                 =        4-7

Keterangan:
Tugas
a.    Menceritakan isi tayangan video  tentang kegiatan salat Jum’at 

Observasi
b.    Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
                      1)          menceritakan isi gambar kegiatan salat Jum’at.
                      2)          sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok


Portofolio
Membuat paparan tentang kegiatan salat Jum’at yang pernah dialami

Tes
1)   Tes : non tes. Bentuk: unjuk kerja kegiatan salat Jum’at. 
2)    Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan mengamati gambar
Rubrik Penilaian
No
Nama
Aktifitas
Jml skor
Nilai (MK,MB,MT,BT)
Ket
Gerakan shalat
Bacaan
Kesesuaian
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4



















Catatan :
1.      Apabila peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator.
2.      Apabila sudah memperlihatkan perilaku  tetapi belum konsisten yang dinyatakan dalam indikator.
3.      Apabila sudah memperlihatkan perilaku dan sudah kosisten yang dinyatakan dalam indikator.
4.      Apabila sudah memperlihatkan perilaku kebiasaan  yang dinyatakan dalam indikator.

Rentang Skor                 =  Skor Maksimal – Skor Minimal
                                      =  16 - 4
                                      =  12
                                     
MK               =      14 - 16
MB                =        11-  13
MT                =        8 - 10
BT                 =        4-7

Keterangan:
BT       :   Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT:         Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB:         Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK      :  Membudaya/kebiasaan (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara  konsisten).

Catatan :
*4 =  SangatBaik                 3 =  Baik
  2 =  Sedang                       1 =  Kurang baik
MK        =   14 - 16
MB         =   11 - 13
MT         =   7 - 10
BT          =   4 -   6
Tes: Tulis. Bentuk Tes: essay
Soal:
1. Jelaskan pengertian salat Jum’at!
2. Tuliskan kembali dalil naqli tentang shalat Jum’at berikut!
$pkšr'¯»tƒ     tûïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä #sŒÎ) šÏŠqçR Ío4qn=¢Á=Ï9 `ÏB ÏQöqtƒ ÏpyèßJàfø9$# (#öqyèó$$sù 4n<Î) ̍ø.ÏŒ «!$# (#râsŒur yìøt7ø9$#         4 öNä3Ï9ºsŒ ׎öyz öNä3©9 bÎ) óOçGYä. tbqßJn=÷ès? ÇÒÈ  

        3. Sebutkan rukun-rukun shalat Jum’at!
4. Sebutkan syarat-syarat diperbolehkannya meninggalkan shalat Jum’at.
5. Sebutkan hikmah shalat Jum’at!



Kunci jawaban:
1. Shalat Jum’at adalah shalat yang dikerjakan pada waktu hari Jum’at dan dikerjakan pada waktu zhuhur secara berjamaah dengan di dahului khutbah.
$pkšr'¯»tƒ  tûïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä #sŒÎ) šÏŠqçR Ío4qn=¢Á=Ï9 `ÏB ÏQöqtƒ ÏpyèßJàfø9$# (#öqyèó$$sù 4n<Î) ̍ø.ÏŒ «!$# (#râsŒur yìøt7ø9$#        2.4 öNä3Ï9ºsŒ ׎öyz öNä3©9 bÎ) óOçGYä. tbqßJn=÷ès? ÇÒÈ  
3.rukun-rukun shalat jum’at.
a. adzan dan iqomah
b. melaksanakan dua khutbah
4.  Shalat Jum’at diperbolehkan di tinggalkan bagi orang yang memenuhi persyaratan atau sebab-sebab udzur syar’ie sebagai berikut :
   a. dalam perjalanan/ safar
   b. sakit yang tidak memungkinkan untuk pergi ke masjid
   c. Hujan yang sangat lebat
   d. Tidak sadar(pingsan, terkena ayan/epilefsi)
5. a. Sebagai syiar agama Islam
    b. Memperkuat ukhuwah islamiyah
    c. Mendapatkan wawasan dunia islam dari khutbah yang disampaikan khotib.
    b. Menunjukkan bahwa islam adalah rahmatal lil’alamin.


Mengetahui
Kepala Sekolah




(………………………………)
NIP.               
Depok, 13  Juni 2014
Guru Pendidikan Agama Islam
Kelas 2 SMP



(……………………………….)
NIP.





Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.