DETIK-DETIK WAFATNYA RASULULLAH




Menjelang wafat, Rosululloh   bersandar di dada ‘Aisyah  , lalu ia berikan siwak kepada Rosululloh   yang diambil dari saudara kandungnya Abdurrohman bin Abu Bakar   ketika ia masuk untuk menemui Rosululloh,,,,,  ,.

Beliau   mencelupkan tangan ke dalam bejana yang berisi air lalu mengusapkan ke wajahnya seraya berkata dengan suara yang serak, “La Ilaha Illalloh, sesungguhnya kematian itu pasti diiringi sekarat (sakarotul maut).”  Kemudian berkata lagi, “Bersama orang-orang yang diberi nikmat atas mereka, yaitu: para nabi, ash-Shiddiqin, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang sholih. Ya Alloh kasihanilah aku dan pertemukan aku dengan Kekasih Yang Maha Tinggi (ar-Rofiq al-‘Ala)!”. Beliau   mengulangi kalimat yang terakhir ini sebanyak tiga kali.

Mengertilah ‘Aisyah   bahwa Rosululloh   diberi pilihan dan beliau memilih ar-Rofiq al-‘Ala, Alloh  . ‘Aisyah   berkata, “Termasuk di antara nikmat yang Alloh   berikan kepadaku adalah bahwa Rosululloh   wafat di rumahku, berada di pangkuanku, di antara paru-paruku dan tenggorokanku, Alloh   mengumpul-kan antara ludahku dan ludahnya pada saat kematiannya.”
Mengetahui sang Ayah sudah tiada, Fathimah   berkata,
“Duhai ayahku, ia telah menyambut panggilan Robbnya…”
“Duhai ayahku, surga Firdauslah tempat bermukimnya…”

“Duhai ayahku, kepada Malaikat Jibril kami mengkabarkan atas kewafatannya…”
Ibnu Ishak   berkata, “Ketika Rosululloh   wafat, terjadi perselisihan antara kaum Anshor dan kaum Muhajirin perihal kekhilafahan sebelum mereka mengurus jenazahnya. Kaum Anshor berpihak kepada Sa’ad bin Ubadah di Saqifah Bani Sa’ad, sedangkan kaum Muhajirin berkubu kepada Abu Bakar, ‘Umar dan Usaid di Bani ‘Abdul Asyhal, adapun ‘Ali bin Abi Tholib bersama az-Zubair bin al-Awwam, dan Tholhah bin Ubaidilah menyendiri di rumah Fathimah  , setelah terjadi diskusi dan perdebatan akhirnya mereka sepakat untuk mengangkat Abu Bakar   sebagai Kholifah. Setelah pengangkatan, buru-buru para sahabat sibuk mengurus jenazah Rosululloh   hingga akhir malam Selasa.

Pada hari Selasa mereka memandikan Rosululloh  . ‘Aisyah   berkata, “Ketika para Sahabat hendak memandikan Rosululloh, mereka berselisih paham tentang cara pemandiannya, apakah baju yang dikenakan beliau dilepas atau tidak, sebagian mengatakan dilepas dan sebagian yang lain jangan. Ketika mereka berselisih, tiba-tiba Alloh   membuat mereka tertidur hingga semua dagu mereka menempel pada dadanya masing-masing. Setelah itu, ada orang -mereka tidak tahu siapa orang tersebut- yang berkata, ‘Hendaklah kalian memandikan Rosululloh tanpa melepas pakaian beliau’. Kemudian mereka memandikannya tanpa melepaskan pakaian yang dikenakannya.” Orang-orang yang memandikannya adalah: ‘Ali bin Abi Tholib, al-Abbas bin ‘Abdul Mutholib, al-Fadhl bin al-‘Abbas bin ‘Abdul Mutholib, Qutsam bin al-Abbas, Usamah bin Zaid bin Haritsah, dan Syuqron mantan budak Rosululloh   serta Aus bin Khauli  .
Setelah selasai dimandikan, para sahabat kembali berselisih pendapat soal dimana jasad Rosululloh   akan disemayamkan, kemudian Abu Bakar   bangkit berkata, “Sesungguhnya aku telah mendengar Rosululloh bersabda, “Tidaklah seorang Nabi wafat kecuali dikubur di tempat ia wafat.” Seketika itu juga para sahabat langsung menggali kuburan dimana Rosululloh   wafat. Sebelum dimakamkan, para sahabat   bergiliran masuk ke dalam kamar untuk mensholati Rosululloh   sendiri-sendiri tanpa ada yang mengimami, pertama kali yang mensholati adalah keluarganya, kemudian kaum Muhajirin lalu kaum Anshor dan yang terakhir para wanita dan anak kecil. Kemudian Rosululloh   dimakamkan di pertengahan malam, hari Selasa malam Rabu.

‘Aisyah   berkata, “Kami tidak mengetahui proses pemakaman Rosululloh   kecuali setelah kami mendengar suara cangkul di tengah malam.”

Muhammad bin Ishaq   berkata, “Sahabat-sahabat yang turun ke kuburan Rosul ialah ‘Ali bin Abi Tholib, al-Fadhl bin al-‘Abbas bin ‘Abdul Mutholib, Qutsam bin al-‘Abbas, Syuqron, serta Aus bin Khouli  .”


BACA JUGA :WASIAT RASULULLAH SEBELUM WAFAT YANG WAJID DIKETAHUI SELURUH KAUM MUSLIMIN

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.