MEMBACA KASIH SAYANG ALLAH


Wahai saudaraku….
Pernahkah kita mengingat begitu besarnya kasih saying seorang ibu kepada kita sebagai anaknya? Ketahuilah, kasih saying Allohlebih besar daripada kasih saying ibu kepada anaknya. Sifat kasih saying atau al-rohmah dengan maknanya yang luas dan pengaruh positifnya yang mutlak, merupakan sifat Allohyang maha berkah asma’nya. Rohmah Allohmencakup semua yang ada di alam semesta. Firman Alloh:
… dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu. Maka akan Aku tetapkan rahmat-Ku untuk orang-orang yang bertakwa, yang menunaikan zakat dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami".(QS. al-A’rof: 156)
Jarang sekali orang menyadari akan besarnya rohmah Allohdisebabkan syetan dan balatentaranya telah berhasil menutup mata manusia dari itu semua dan menjadikannya lupa akan kasih sayang-Nya.
Manusia tidak akan mampu menghitung semua nikmat yang telah Allohanugerahkan kepadanya, akan tetapi mengetahui sebagian dari bentuk rohmah Allohakan menumbuhkan rasa syukur pada diri kita. Diantara bentuk rohmah Alloh yang dapat kita renungi:
1. Nikmat penciptaan dan pemberian rizki. Eksistensi manusia di bumi adalah salah satu implementasi rohmah Alloh. Dengan berbekal panca  indera, kita dapat menikmati segala jenis rizki yang melimpah di bumi berupa makanan yang lezat, pemandangan yang menyejukkan mata dll.
2. Hidayah. Seorang mukmin yang baik pasti akan menyadari betapa beruntungnya dirinya karena telah merasakan manisnya hidayah keimanan yang menggelora di kalbu, senantiasa berada di jalan ketaatan yang akan mengantarkannya menuju sebaik-baik tempat peristirahatan, yaitu surga.
3. Mengutus Rosuldan kitab suci. Salah satu nikmat terbesar yang dimiliki manusia adalah diutusnya Rosulbeserta kitab sucinya yang akan membimbing manusia dari kejahiliyahan menuju cahaya Islam yang terang benderang dengan seperangkat syari’atnya yang syarat akan rohmah dan penuh hikmah.
4.  Ujian (ibtila’). Rosulullohbersabda:
“Jika Alloh menghendaki kebaikan terhadap seorang hamba,maka dia akan mengujinya.”
Setelah kita mengetahui besarnya rohmah Allohkepada makhluknya, sepatutnya bagi kita untuk berbahagia dan mengapresiasikan rasa syukur atas nikmat dengan ungkapan lisan dalam bentuk pujian (mengucap hamdalah), memelihara dan memanfaatkan nikmat tersebut  sesuai dengan kehendak Alloh, menjaga diri dari perbuatan yang dimurkai Allohdan istiqomah di jalan taqwa.
Surga telah disiapkan dan jalan untuk memasukinya juga telah dibentangkan, adakah dari kita yang mau  menitinya? Insya Alloh kita termasuk salah satunya… Aamiin.

Wallohu a’lam.

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.