PSIKOLOGI SEMESTER V
PEMBAGIAN TUGAS MAKALAH MATA KULIAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN
PEMBAGIAN TUGAS MAKALAH
MATA KULIAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN
SEMESTER V TAHUN
AKADEMIK 2014 – 2015
PROGRAM STUDI PAI – MA’HAD HUDA ISLAMI
DOSEN: Muhamad Priyatna, M.Pd.I.
NO.
|
JUDUL
|
KELOMPOK
|
KET.
|
1.
|
Pengantar:
a.
Pengertian psikologi
pendidikan
b.
Sejarah psikologi pendidikan
c.
Obyek/cakupan psikologi pendidikan dan metode psikologi pendidikan
d.
Manfaat psikologi pendidikan
|
o Didin Juandi
o Yogi
B
o Iko
L
o Yusuf
S
|
|
2.
|
Memahami perkembangan peserta didik :
a.
Definisi perkembangan
b.
Proses Perkembangan siswa
c.
Faktor yang mempengaruhi Perkembangan
d.
Tugas dan Fase perkembangan
|
o Syahdan
o Hertawan
o Ahmad Zaki
|
|
3.
|
PerkembanganPsycho-Fisik siswa:
a.
Perkembangan Motorik (fisik) siswa
b.
Perkembangan Kognitif siswa
c.
Perkembangan Bahasa siwa
d.
Perkembangan sosioemosional dan
e.
Perkembangan Moral siswa
|
o Hisan M
o Yusuf Wilyyan
o Adi Wira
o M. Ulum
|
|
4.
|
Konsep Belajar:
a.
Definisi belajar
b. Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar
c.
Proses belajar dan Fase-fase dalam proses belajar
|
o A.Jabbar
o Dadan
o Asep Holid
|
|
5.
|
a.
Teori-teori dalam Belajar;
-
Koneksionisme
-
Pembiasan Klasik
-
Pendekatan Behavioral dan Kognitif Sosial
-
Pendekatan Pemrosesan Informasi
-
Pendekatan Kontruktivis Sosial
b.
Macam-macam perwujudan Prilaku Belajar
|
o Dwi Bekti
o Yapto
o Mujahid
o M.Al-Fatich
|
|
6.
|
Mengajar:
1.
Definisi Mengajar
2.
Pandangan-pandangan pokok mengenai mengajar
3.
Model dan Metode Mengajar
4.
Strategi dan Tahapan Mengajar
|
o Rijal Tamami
o A.Haerudin
o M. Rosyid
o Romdon
|
|
7.
|
Perbedaan Kemampuan Individu (Diversity
of Student):
a.
Intelligensi; Pengertian Intelliggensi
b. Pengukuran Intelligensi
- Model Binet
- Model Weshler
c.
Teori Multiple Intelligensi
|
o Andri
o Hendra Nugroho
o Gugun G
|
|
8.
|
Perbedaan Kemampuan Individu (Diversity
of Student):
a.
Gaya Belajar dan Gaya Berfikir;
-
Macam-macam gaya belajar siswa
-
Strategi pengajaran
b. Kepribadian dan
Temperamen;
-
Macam-macam Kepribadian dan Temperamen siswa
Strategi Pengajaran
|
o Asep Bz
o Angga
o Deni
o Muksin
|
|
9.
|
Pemahaman tentang Bakat:
a.
Definisi Bakat
b.
Cara Mengukur Bakat
c.
Mengoptimalkan bakat pada siswa
|
o Choirul Anwar
o M.Najib
o M. Rivaldi
o Hamdani
|
|
10.
|
Kesulitan Belajar:
a.
Definisi kesulitan belajar
b.
Faktor-faktor penyebab kesulitan
belajar
c.
Diagnosis kesulitan belajar
d.
Alternatif pemecahan masalah kesulitan belajar
|
o M. Althaf
o Hilmannudin
o Erwin
o Khoirul Anwar
|
|
11.
|
Guru dan Proses Belajar-Mengajar:
a.
Karakteristik Kepribadian Guru
b.
Kompetensi Profesionalisme Guru (Kognitif, Afekti dan Psikomotor guru)
c.
Hubungan Guru dan Proses belajar-mengajar
-
Fungsi guru dalam proses belajar-mengajar
-
Posisi dan ragam guru dalam belajar-mengajar
d.
Skill Pengajaran
|
o Syaikhul Kabir
o Abdul Aziz
o Ade Kuswanto
|
|
12.
|
·
Motivasi, Pengajaran dan Pembelajaran:
·
Mengeksplorasi Motivasi
·
Motivasi untuk Meraih sesuatu/tujuan
·
Motivasi, hubungan dan Sosiokultural
|
o Mulyanto
o Rivan F
o M. Nizar
o Ibnu
o Iqbal H
|
|
13.
|
Mengelola Kelas:
a.
Menedesain Lingkungan fisik Kelas
b.
Menciptakan Lingkungan yang positif untuk pembelajaran
c.
Menjadi komunikator yang Baik
d.
Menghadapi Prilaku Bermasalah Siswa
|
o Arif Syafiq
o Ahmad Dimas
o A. Ubaidillah
§ Amar Hanafi
|
|
14.
|
Evaluasi
Prestasi Belajar:
a.
Definisi evaluasi
b.
Tujuan dan Fungsi evaluasi
c.
Macam-macam evaluasi
d.
Indikator prestasi belajar
e.
Evaluasi prestasi kognitif, afektif dan psikomotor
|
o Hely Yusuf
o Ajid
o Sarjono
|
|
Tidak ada komentar
Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.
Salam : Admin K.A.