MAKALAH
MEDIA PEMBELAJARAN
MEDIA PEMBELAJARAN GRAFIK
A. DEFINISI MEDIA PEMBELAJARAN GRAFIK
Grafik dapat
di defenisikan sebagai penyajian data berangka, suatu tabel gambar
yang dapat mempunyai nilai informasi yang sangat berfaedah, namun
dari grafik yang menggambarkan intisari informasi sekilas akan lebih efektif,grafik
merupakan keterpaduan yang lebih menarik dari sejumlah tabulasi data
yang tersusun dengan baik, tujuan membuat grafik adalah
untuk memperhatikan perbandingan, informasi kwalitatif dengan
cepat serta sederhana. Ada beberapa macam grafik, dan yang paling
umum di gunakan adalah grafik-grafik garis, batang,lingkaran,atau piring dan
grafik bergambar.
Grafik
adalah suatu grafis yang menggunakan titik-titik atau garis untuk menyampaikan
informasi statistic yang saling berhubungan (R.Warsito).
Dengan
berasumsi pada pengertian grafik tersebut, dalam proses belajar mengajar,
grafik mempunyai fungsi untuk memperlihatkan perbandingan informasi
kualitas-kualitas maupun kuantitas dengan cepat dan sederhana, terutama pada
penyajian secara statistic.
B. JENIS MEDIA
PEMBELAJARAN GRAFIK
a. Grafik garis
Grafik garis adalah yang paling tepat dari semua jenis grafik,
terutama dalam melukiskan kecendrungan-kecendrungan atau menghubungkan dua
rangkaian kata. Sejumlah variasi dan kombinasi dari grafik garis dapat dilukiskan,
termasuk bayangan permukaan grafik dari berbagai bentuk. Gambar.
b. Grafik batang
Grafik batang mungkin yang paling sederhana daripada semua grafik,
grafik batang paling bermanfaat bilamana sejumlah nilai yang akan di
bandingkan relative sedikit, pada lazimnya grafik ini dibuat dengan menggunakan
batang sebagai gambaran kelompok data secara vertical dan horizontal. Tinggi
atau panjang batang melukiskan ukuran besarnya presentase data yang di wakilinya.
c. Grafik lingkaran atau piring
Bilamana guru dapat menjelaskan dan memperkenalkan tentang
pecahan, maka garafik lingkatran lebih tepat di gunakan, grafik
lingkaran atau grafik piring adalah lingkaran sektor-sektor yang di gunakan
untuk menggunakan bagian suatu keseluruhan, sebagai contoh berikut ini adalah grafik yang memvisualisasikan pecahan dalam bentuk tengahan,
pertigaan dan perempatan. Ada dua ciri grafik lingkaran yaitu: 1) Grafik itu selalu menunjukkkan jumlah atau
keseluruhan jumlah. 2) Bagian-bagiannya atau segmennya di hitung dalam
presentase atau bagian-bagian pecahan keseluruhan.
C. KELEBIHAN MEDIA PEMBELAJARAN GRAFIK
·
Bermanfaat untuk
mempelajari data-data kuantitatif dan hubungan-hubungannya
·
Grafis
memungkinkan kita dengan cepat mengadakan analisis interprestasi dan
perbandingan antara data-data yang disajikan baik dalam hal ukuran, jumlah
pertumbuhan dan arah
·
Penyajian dari
data grafik: jelas,cepat, menarik, ringkas dan logis.
D. KEKURANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GRAFIK
Tidak ada komentar
Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.
Salam : Admin K.A.